Nelayan Meral Sampaikan Keluhan kepada Babinsa

Koptu Efin Wijaya Saputra saat berbincang bersama nelayan Desa Pangke, Sabtu (26/1/2019)

Karimun (Marwahkepri.com) – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pangke Barat Kecamatan Meral Barat, Koptu Efin Wijaya Saputra mendengarkan keluhan para nelayan setempat yang kesulitan mencari ikan di laut.

Tingginya gelombang laut akhir-akhir ini menjadi salah satu faktor penyebab berkurangnya hasil tangkapan mereka, sehingga beberapa nelayan lainnya menahan diri untuk kelaut.

“Bapak-bapak ini tidak dapat melaut karna cuaca saat ini tengah tidak bersahabat, terpaksa mereka berdiam diri di rumah,” kata Koptu Efin di Meral, Sabtu (26/1/2019).

Keluhan para nelayan ini kata orang nomor satu ditingkat desa sering didapatinya terlebih saat musim-musim tertentu yang mengakibatkan mata pencarian nelayan tradisional terhambat.

“Belum lagi kebutuhan keseharian keluarganya yang seluruhnya bersumber dari pendapatan nelayan,” katanya.

Di tempat yang sama, salah seorang nelayan tradisional lokal, Rustam mengatakan pendapatan hasil tangkap ikan dirinya dan beberapa nelayan lainnya menurun hingga 60 persen lebih.

“Kalau seperti ini mau makan apalagi kami ini,” kata Rustam.

Rustam tidak menganggap keluhan mereka ini disampaikan kepada orang yang tidak tepat, justru menurut mereka kala mendapatkan masalah orang yang harus mereka hubungi pertama sekali ialah Babinsa setempat.

“Ada semangat baru dan solusi yang diberikan Bapak tentara ini, makanya kami-kami disini setiap kali ada masalah atau apapun itu selalu sama Pak Babisa kami ini,” impal Yakup nelayan lainnya.(SL)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.