50 Mahasiswa Karimun Pindah Pemilih

Suasana sosialisasi pindah pemilih di Kantor KPU Karimun, Jumat (25/1/2019)

Karimun (Marwahkepri.com) – Sebanyak 50 orang mahasiswa Kabupaten Karimun yang kuliah di Pekanbaru, Riau pindah memilih saat pemilihan umum serentak pada April 2019 mendatang.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan pihaknya sangat pengapresiasi kesadaran para mahasiswa yang mengajukan pindah memilih demi lancarnya pemilu mendatang.

“Ini bentuk kesadaran yang harus diapresiasi dan menunjukkan bahwa kesadaran partisipasi politik masyarakat Karimun mengalami peningkatan,” kata Eko dalam sambutannya mengawali acara sosialisasi pindah memilih oleh KPU Karimun terhadap mahasiswa Karimun yang kuliah di Pekanbaru, Riau, di Kantor KPU Karimun, Poros, Jumat (25/1/2019).

Diharapkan, puluhan mahasiswa tersebut nantinya dapat mensosialisasikan hal yang sama kepada masyarakat Karimun yang berada di luar daerah kabupaten maritim ini.

“Agar masyarakat Karimun dapat memahami dan tidak kehilangan hak pilihnya meski di luar daerahnya,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut, para mahasiswa diberi pemahaman, pemilih akan menerima 5 jenis surat suara berbeda untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD, DPRRI dan Presiden.

“Masing-masing surat suara memiliki warna yang berbeda sesuai dengan jenis pilihan,” kata Komisioner KPU Karimun, Samsir.

Namun, untuk dapat memilih, pemilih katanya harus memenuhi syarat terlebih dahulu untuk dapat ditetapkan sebagai pemilih diantaranya genap berusia 17 tahun, tidak sedang terganggu jiwa/ingatan, dan lain-lain.

“Mudah-mudahan di dalam ini waras semua,” katanya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Karimun Safrida mengatakan alasan mendasar dirinya harus memilih pada pemilu serentak mendatang dikarenakan ia ingin Indonesia secara keseluruhan menang dalam pertarungan pemilihan umum mendatang.

“Kita harus turut ambil andil dalam pemihan ini demi Indonesia lebih baik lagi,” katanya.

Wanita semester 4 ini tidak ingin suaranya hilang begitu saja dalam pemilihan presiden mendatang.

“Karna satu suara sangat menentukan Indonesia kedepan,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.