Kominfo Humas Lingga Apresiasi Program KSP Diskominfo Kepri

Kabag Humas Kominfo Setda Lingga, Buana F Februari berada di Kepri Smart Province di Gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau. (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Plt. Kepala Bagian Kominfo dan Humas Setda Lingga, Buana Fauzi Februari mengunjungi Kepri Smart Province yang digagas oleh Dinas Kominfo Provinsi Kepri di Gedung Perpustakaan dan Arsip Pemprov Kepri, Jl. Basuki Rahmat No. 1 Tanjungpinang, Kamis (24/01/2019).

Adapun maksud tujuannya meningkatkan kemampuan dan pemahaman pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam urusan pemerintahan dan pelayanan publik.

Menurutnya, setelah kunjungan itu banyak mendapat informasi dan masukan untuk memantapkan penggunaan TIK dalam menunjang kinerja aparatur maupun penggunaan secara umum yang dapat segera diterapkan untuk masyarakat Kabupaten Lingga.

“Kami mendapat tawaran untuk membuat alur kerja secara digital dan akan dibantu oleh Tim profesional dari KSP, hal ini sesuai dengan arahan pak Sekda agar Lingga lebih unggul secara TIK” ujar Buana.

Hal itu perlu di pertajamkan karena laju arus globalisasi dewasa ini semakin tak terbendung. hampir pada semua lini kehidupan sudah terintegrasi dengan teknologi, tidak terkecuali disektor pemerintahan, bahkan hampir semua sistem kerja nya sudah menggunakan sistem elektronik.

Pemerintah Kabupaten Lingga mengikuti trend ini guna menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan, saat ini sudah banyak urusan pemerintahan di Lingga dapat dilakukan secara online dan real time. Urusan administrasi kependudukan misalnya sudah dapat dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan pemohon tanpa perlu hadir di kantor camat atau disdukcapil.

Dengan begitu, dia mengapresiasi dan berterimakasih atas slot yang disediakan oleh KSP untuk tiap Kabupaten/Kota di Kepri dalam menampilkan keunggulan strategis masing-masing daerah pada layar digital yang disediakan. Seperti papan informasi dan ekspo. KSP juga dapat melangsungkan video conference, sebagai lokomotif TIK di Kepri.

Saat ini penggunaan TIK dalam menunjang kinerja terus dilakukan, di Kantor Bupati Lingga. Sudah mulai dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV), penyiapan sistem absensi dengan finger print juga digesa.

“Pak Sekda berharap kedepan nya absensi dan tata naskah dinas di Pemkab Lingga juga akan terintegrasi dan terdigitalisasi”. kata Buana. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.