WC Senilai Rp 1 Milliar di Karimun Tak Terpakai

Toilet yang dibangun Dinas Pekerjaan Umum Karimun tahun anggaran 2016 nampak tak terawat, Rabu (23/1/2019). (F:SL)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Toilet atau Water Closed (WC) yang dibangun senilai Rp1.035.853.000 di RT/RW 04 Desa Sei Pasir, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, mangkrak tak terpakai, bahkan seluruh bangunan pengelolaan sanitasi ipal komunal tersebut tak terawat sejak didirikan.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jamal mengatakan sejak dibangunnya WC tersebut warga sekitar tidak pernah menggunakannya.

“Untuk apa, karena masing-masing rumah di sini sudah punya WC,” kata Jamal di lokasi, Rabu (23/1/2019).

Dia mengatakan pembangunan pengelolaan sanitasi ipal komunal Dinas Pekerjaan Umum tahun anggaran 2016 tersebut sangat tidak tepat sasaran dan dinilainya asal-asalan dalam perencanaannya.

“Sejak dibangun tidak pernah dirawat, tidak ada airnya, dibangun di pinggiran bakau,” katanya.

Sementara itu, warga setempat juga mengaku sejak dibangunnya WC tersebut tidak melalui musyawarah bersama dengan warga bahkan proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus ini didirikan diatas lahan milik warga.

“Itu tanahnya punya anak saya. Kami tidak pernah diajak musyawarah waktu mau buat WC ini,” kata Mardiah warga setempat

Dirinya dan beberapa warga lainnya juga mengaku belum pernah sekalipun menggunakan WC tersebut lantaran tidak dilengkapi dengan fasilitas lainnya.

“Tak ada guna juga WCnya tak ada airnya. Kami ada WC sendiri di dalam rumah,” katanya.

Pantauan marwahkepri.com di lokasi, WC senilai 1 Milliar tersebut dibangun secara berjejer tanpa dilengkapi air maupun alat penerang lainnya.

Sebagian besar bangunan tersebut juga terlihat tidak pernah digunakan sama sekali, bahkan rumput-rumput liat mulai menjalar di bagian-bagian bangunan tersebut. Septic tank-nya pun terlihat menyatu dengan dinding parit drainase setempat. (SL)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.