Antisipasi Kebanjiran, Babinsa Pasir Panjang Kerahkan Warga

Sertu Sarmo bersama warga setempat memperbaiki drainase di Desa Pasir Panjang, Minggu (20/1/2019).

KARIMUN (marwahkepri.com) – Untuk mengantisipasi kebanjiran saat musim penghujan tiba, Babinsa Pasir Panjang, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Sertu Sarmo mengerahkan warga setempat untuk memperbaiki drainase.

Aksi dadakan ini sontak menjadi perhatian warga setempat yang belum pernah terfikir untuk memperbaiki drainase saluran air di lingkungannya.

“Awalnya kami heran juga kenapa kami dipanggil Pak Sarmo, rupanya gotong royong,” kata Ketua RT02/RW05 Desa Pasir Panjang, Azwan di Pasir Panjang, Minggu (20/1/2019).

Azman mengatakan ide untuk memperbaiki drainase tersebut sangat tepat, sebab beberapa drainase yang berada di lingkungannya memang dalam kondisi yang memprihatinkan akibat penyumbatan sampah.

“Memang banyak kali sampah-sampah di sepanjang parit ini, kalau tidak ada yang mengingatkan untuk membersihkan, mungkin sampah-sampah ini akan tetap ada,” katanya.

Inisiatif gotong-royong tersebut sangat diapresiasi oleh warga setempat, beberapa diantaranya mengharuskan diri turut membantu aksi bersih-bersih tersebut ketimbang harus berlibur diakhir pekan.

“Rencananya tadi gitu mau pergi sama anak-anak ke pantai,”kata Suswendi, salah seorang warga setempat.

Partisipasinya ini diakuinya atas kesadaran diri sendiri yang muncul saat melihat warga lainnya yang telah berjibaku dengan cangkul dan alat-alat seadanya untuk membersihkan lingkungan.

“Harus saya tunda ke pantainya demi lingkungan bersama,” katanya. (SL)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.