Ini Terobosan Kabid Informasi Pelalawan yang Baru

Kepala Bidang Informasi di Dinas Kominfo Kabupaten Pelalawan, Masril,M.Si ketika dijumpai awak media, Kamis (17/1/2019) di kantor Dinas Perhubungan Pelalawan. (F:Sona)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Masril,M.Si baru saja dilantik menjadi Kepala Bidang Informasi di Dinas Kominfo Kabupaten Pelalawan. Dalam jabatan barunya itu, ada dua target yang sudah diwacanakan menjadi terobosan.

Masril memjelaskan bahwa salah satunya ialah Media Centre (MC) di Kantor Bupati Pelalawan, kembali digunakan untuk PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Media Centre akan kembali dimanfaatkan tempat berkumpul rekan-rekan wartawan seperti dahulu.

“PPID berfungsi untuk mengkoordinir segala informasi bagi rekan-rekan media. Sehingga kedepan rekan-rekan wartawan tidak mesti harus menemui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bersangkutan untuk memperoleh informasi atas kegiatannya, cukup melalui PPID saja. Seluruh OPD yang ada, menyampaikan informasi kepada media melalui PPID nantinya,” terangnya kepada awak media, Kamis (17/1/2019) di kantor Dinas Perhubungan Pelalawan.

Diberitahukan Masril bahwa pada tanggal 6 Februari 2018 yang akan datang, orang Inggris akan datang memonitoring PPID di Pelalawan. Maka sebelum kedatangan orang inggris itu, PPID sudah ada di MC.

“Kemudian dengan MC sudah jadi PPID, juga diwacanakan sekali-sekali akan dilakukan konferensi pers dengan pejabat seperti Bupati Pelalawan, Wakil Bupati, Sekda dan lain sebagainya. Tujuan untuk melakukan pendekatan antara para pejabat Pemda Pelalawan dengan seluruh wartawan, supaya kedepan terjalin hubungan emosional yang lebih baik lagi,” paparnya.

Terobosan lain yang akan diimplementasikan, yaitu radio milik Pemda Pelalawan. Masril menilai bahwa stasiun siaran radio milik Pemda Pelalawan selama ini berada di kantor Dinas Perhubungan Pelalawan, cukup jauh dari jangkauan masyarakat. Tapi kedepan diupayakan dipindahkan di Gedung Astaka di lapangan kreatif atau di depan Kantor Bupati Pelalawan.

“Jika radio telah dipindahkan di lapangan kreatif, bisa bersinergi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan. Setiap malam minggu sekarang sudah ada musik, dan setiap hari minggu pagi juga ada car free day atau senam. Kegiatan Disbudparpora Pelalawan itu nanti bisa life langsung di radio. Maka radio milik Pemda Pelalawan jadi hidup, dan Disbudparpora juga hidup,” cetusnya.

Tidak kalah penting tujuan kita memindahkan radio itu di Lapangan Kreatif, adalah untuk mempermudah masyarakat. Kedepan jika ada masyarakat yang ingin menyampaikan informasi melalui siaran radio milik Pemda Pelalawan, cukup datang di lapangan kreatif saja didepan kantor Bupati Pelalawan.

Ditambahkanya, kedepan di Lapangan Kreatif itu akan dibuatkan wifi gratis. Sehingga setiap pengunjung yang hadir di lapangan itu bebas mengakses internet. Tidak hanya di lapangan kreatif, di MC juga akan dipasangkan wifi gratis.

Menginplementasikan hal itu, pihaknya mengaku memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita sedang menjejaki penyelesaian administrasi. Sebab gedung astaka itu masih aset Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan. Kita sedang upayakan agar gedung itu menjadi aset Bidang Informasi Diskominfo Pelalawan.

Disebutkannya bahwa wacana tersebut telah dikoordinasikannya kepada Disbudparpora dan Dinas PUPR Pelalawan. Kedua instansi tersebut menyetujui dan mendukung sekali. Bahkan Bupati Pelalawan HM Harris juga sangat antusias mendukung wacana tersebut. (Sona)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.