Cadangan Minyak RI Sudah Masuk “ICU”?

Pengeboran minyak lepas pantai. (F:cnbc)

JAKARTA (Marwahkepri.com) – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno, Dirgo Purbo, mengatakan cadangan minyak RI saat ini ibarat sudah tahap harus masuk ruang perawatan ICU.

Dalam bahan paparannya tentang “Masa Depan dan Tantangan Pengelolaan Gas Nasional” yang diterima CNBC Indonesia, Dirgo menegaskan kondisi perminyakan RI sudah sangat memprihatinkan.

“Posisi Indonesia dalam hal pasokan minyak sudah berada di “ICU Room”. Cadangan terbukti hanya 3,17 miliar barel,” tulis Dirgo di paparannya, Rabu (16/1/2019).

Ia melanjutkan dari sisi produksi, Indonesia cuma bisa hasilkan 775 ribu barel per hari. Sementara, setiap hari RI harus impor BBM dan minyak mentah sebanyak 1,8 juta barel sehari. “LNG, LPG, Naphta, Asphalt, Wax juga sudah impor,” katanya.

Berdasarkan data yang dipaparkan Dirgo, dari sisi cadangan minyak saat ini jauh merosot dibanding 2004. Di mana, cadangan proven dan possiblenya masih mencapai 9 miliar barel. Sementara, berdasar rilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terakhir cadangan proven dan possible RI saat ini mencapai 7,5 miliar barel. (mk/cnbc/r)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.