Sosialisasi Pembuatan Pupuk Nabati oleh Babinsa dan Dinas Pertanian

Foto bersama usai sosialisasi dan praktek pembuatan pupuk nabati, Selasa (15/1/2019) Di rumah tani Poktan Sari Bumi Desa Tlogoayu, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

PATI (marwahkepri.com) –  Didalam pemeliharaan padi seorang petani tak bisa jauh dari pupuk untuk menyuburkan tanaman dan menuai hasil yang memuaskan, tetapi kehadiran pupuk kimia seakan menjadi nomor satu, padahal di lingkungan kita banyak hal yang bermanfaat untuk pembuatan pupuk nabati.

Dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan di daerah, anggota Koramil 19/Gabus jajaran Kodim 0718/Pati bersama PPL Dinas Pertanian Kecamatan melaksanakan sosialisasi dan praktek pembuatan pupuk nabati sebagai solusi pengganti pupuk kimia, Selasa (15/1/2019).

Di rumah tani Poktan Sari Bumi Desa Tlogoayu, Kecamatan Gabus, Kepala Dinas Pertanian (PPL) Kecamatan Gabus Slamet didampingi Babinsa Sertu Tejo Purnomo mensosialisasikan pembuatan pupuk nabati dan langsung dipraktekan.

“Kegiatan ini bertujuan agar para petani bisa menggunakan pupuk yang memakai bahan dasar organik.  Bahan dasar organik ini lebih murah dan lebih mudah didapat  serta hasil panennya pun lebih sehat untuk dikonsumsi,” kata Slamet.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dalam pembuatan pupuk nabati ini bahan-bahannya sangat mudah didapat seperti air kelapa 100 liter, air leri 100 liter, buah mojo 6 buah, tetes tebu 4 botol, daun mimba, temu ireng 3 kg, kunir 3 kg dan temu lawak 3 kg.

Sementara itu Ketua Poktan Sari Bumi Purdi setelah selesainya kegiatan praktek pembuatan pupuk Nabati mengucapkan banyak terimakasih kepada Babinsa dan PPL yang sudah memberikan ilmunya kepada mereka tentang pembuatan pupuk nabati.

“Semoga bermanfaat kepada kami khususnya dan kepada seluruh masyarakat petani dan manfaatnya bisa meningkatkan hasil panen nantinya,” harapnya.(nartopendimpati)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.