PLN Natuna Akan Stop Sewa Mesin Pembangkit Listrik

GM PLN unit induk wilayah Riau-Kepri, Ir.Irwansyah Saputra (dua dari kiri).

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Kedepan, Unit Layanan Pelanggan PLN Natuna, tidak akan memerlukan lagi mesin sewa, guna memenuhi pasokan listrik kepada para pelanggan di wilayah pulau Bunguran besar.

Hal ini dikatakan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepri, Ir.Irwansyah Saputra, kepada awak media, usai menggelar acara Syukuran Atas Pemulihan Sistem Kelistrikan Natuna, di Kantor PLN Ranai, Selasa (15/01/2019).

Irwan mengatakan, pihaknya tidak akan membutuhkan kerjasama lagi dengan pihak rekanan. Mengingat PLN Natuna sendiri sudah memiliki pasokan daya berlebih untuk menjangkau semua pelanggan.

PLN Natuna memiliki 5 mesin di Pian Tengah, dengan kapasitas 5 Mega Watt. PLTD Ranai 4 mesin dengan kapasitas 4 MW, sedangkan di Kelarik 1 mesin berkapasitas 500 KW.

Sehingga total keseluruhan daya mesin PLN sendiri kapasitasnya sebesar 9.5 MG. Sedangkan beban puncak pada malam hari hanya membutuhkan pasokan daya 6.5 MW, artinya masih ada surplus (cadangan) 3 MW.

Kelebihan cadangan 3 MW tersebut, bisa dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk penambahan pelanggan. Disamping itu, sebagai persiapan menuju tumbuhnya perindustrian di Natuna.

“Mesin sewa ini akan berakhir, kita sudah 9 mega lebih disini, jadi mesin sewa tidak perlu lagi. Kedepan tidak akan pakai rekanan lagi. Kita akan pergunakan mesin PLN sendiri”, tutur Irwansyah.

Menurutnya, pihak PLN telah melakukan investasi mesin sejak tahun 2016 lalu. Mesin dimiliki PLN sudah mencukupi tanpa adanya kerjasama dengan pihak ketiga.

Irwan mengucapkan terimakasih kepada pihak rekanan, karena telah membantu PLN selama ini. Terutama pada saat-saat dibutukan.

“Alhamdulillah, kita sudah investasi mesin tahun 2016, 2017, 2018, kita sehingga mesin sewa tidak kita butuhkan lagi. Dan kita ucapkan terimakasih atas bantuan mereka pada saat kita membutuhkan kemarin, mereka telah membantu kita”.

Belum lama ini, 4 unit mesin sewa PLN mengalami kebakaran, tepatnya pada Rabu, 9 Januari 2019. Kendati demikian, kelistrikan di Natuna dengan cepat diatasi.

Atas pemulihan kelistrikan tersebut, dilaksanakan acara syukuran, di halaman kantor PLN Ranai, jalan DKW Muhammad Benteng.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, FKPD, OPD, dan sejumlah Tokoh Masyarakat.(*)

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.