Lingga Sukses Boyong Piala Adipura

 

Bupati Lingga menerima piala Adipura dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Yusuf Kalla, Senin (14/01/2019). (Ist)

Lingga (marwakepri.com) – Piala adipura kategori kota kecil dari Presiden RI, menjadi hadiah awal tahun 2019 yang sangat luar biasa diraih Kabupaten Lingga. Penghargaan bergengsi tersebut merupakan yang pertama kalinya diusia 15 tahun Kabupaten Lingga berdiri.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Yusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Senin (14/01/2019).

Tahun 2017 lalu Kabupaten Lingga telah diberikan penghargaan berupa piagam dari Presiden melalui Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) RI, kategori yang sama. Menyusul itu semua target meraih piala adipura yang digadang-gadang sejak awal tahun 2018 lalu, akhirnya tercapai.

“Ini anugerah yang luar biasa. Tahun 2017 kemarin, kita baru dapat Sertifikat Adipura. Tahun 2018 ini, kita sudah berhasil meraih Piala Adipura,” kata Bupati Lingga, Alias Wello.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lingga, Siswadi menyampaikan keoptimisan mendapatkan hasil terbaik dibidang kebersihan itu, diaplikasikan dengan menggalakkan program bersih. Banyak stakeholder yang terlibat, mulai dari persiapan sampai menciptakan kondisi bersih, nyaman dan tentram disejumlah titik pantau.

Dia mengatakan, sebelumnya Kabupaten Lingga juga berhasil menyabet 2 penghargaan nasional dibidang lingkungan hidup, yakni penghargaan Adiwiyata Nasional 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kedua penghargaan Adiwiyata Nasional itu diraih oleh SMA Negeri 2 Dabo dan SMK Negeri 1 Dabo. Penghargaan ini baru diraih setelah 15 tahun usia Kabupaten Lingga,” ujar Siswadi.

Adapun penyerahan penghargaan Piala Adipura ini, semula dijadwalkan pada bulan Desember 2018 lalu. Namun, karena sesuatu dan lain hal penyerahannya diundur oleh Kementerian LHK menjadi tanggal 14 Januari 2019.

Sebanyak 115 kabupaten/kota dalam kategori Kota Kecil menerima Piala Adipura bersama dengan Kabupaten Lingga. Untuk di Kepulauan Riau ada Kabupaten Bintan, Karimun dan Kota Tanjungpinang meraih prestasi yang sama.

Hadir mendampingi Bupati Lingga dalam penyerahan Piala Adipura tersebut yakni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Siswadi dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Junaidi Adjam. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

22 thoughts on “Lingga Sukses Boyong Piala Adipura

Leave a Reply

Your email address will not be published.