Kapolres Natuna Imbau Masyarakat Waspada Saat Melaut

Kapolres Natuna AKBP.Nugroho Dwi Karyanto, SIK.

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Saat ini Kabupaten Natuna sedang dilanda cuaca ekstrim. Angin dan gelombang sewaktu-waktu berubah dengan cepat, sehingga sangat membahayakan bagi nelayan ketika sedang melaut.

Karena itu, Kapolres Natuna AKBP.Nugroho Dwi Karyanto, tak bosan-bosan nya menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga keselamatan saat melaut.

Bahkan, perwira menengah berpangkat dua melati berharap, agar masyarakat tidak melaut dan melakukan aktifitas di pantai dengan kondisi cuaca seperti sekarang. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

“Diharapkan kepada nelayan dan masyarakat tidak melaut atau melakukan aktifitas di pantai dengan kondisi cuaca seperti ini, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan”, ujar Kapolres kepada Marwahkepri.com, Jumat (11/01/2019).

Kapolres perbatasan ini menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Natuna, agar perduli terhadap keselamatan dirinya sendiri. Apalagi saat ini, daerah terdepan sedang dilanda musim utara.

Untuk itu, hendaknya masyarakat jangan mengabaikan himbauan yang disampaikan oleh pihak Kepolisian maupun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Natuna.

“Patuhi dan laksanakan. Insya Allah, hal-hal yang tidak diinginkan bisa kita antisipasi”, ujarnya.

Pihak Kepolisian Natuna setiap hari melaksanakan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat. Untuk tidak melakukan aktifitas di perairan, mengingat cuaca sedang tidak bersahabat.

Seperti adanya korban tenggelam dan menewaskan satu orang di pantai Teluk Selahang, beberapa hari lalu. Padahal, sehari sebelum kejadian, pihaknya sudah melaksanakan himbauan kepada masyarakat disana.

Sedikitnya ada 3 poin himbauan pada saat itu, diantaranya :

A. Mengajak Masyarakat agar bersama – sama menjaga dan peduli terhadap Situasi Kamtibmas di lingkungan masing-masing.

B. Mengingat cuaca saat ini sering berubah dengan cepat seperti angin kencang (ekstrim) dan gelombang tinggi, agar selalu mnjaga keselamatan saat berlayar/melaut dan diharapkan kepada Nelayan atau Masyarakat agar tidak melaut dengan keadaan cuaca saat ini.

c. Agar tetap waspada terhadap penipuan media sosial dan berita-berita hoaks.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 09 Januari 2019 pukul 09.00 WIN s.d 11.00 WIB. Bertempat di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Dilaksanakan oleh Kasatbinmas Polres Natuna dan anggota.

“Itulah. Namun kita gak boleh patah semngat untuk selalu mengingatkan dalam hal kebaikan dan kesabaran”.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, tidak cukup mengandalkan sumber daya Kepolisian. Dibutuhkan peran serta aparat pemerintah, mulai dari pihak RT hingga tingkat paling atas. Serta stakeholder lainnya yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Seperti halnya Kepolisian, BMKG Natuna juga senantiasa memberikan informasi kepada masyarakat, terkait update cuaca di wilayah Kabupaten Natuna.

“Selamat siang. Berikut update pantauan citra satelit himawari 8, pukul 11.40 WIB, terdapat pertumbuhan awan konventif di wilayah pulau Bunguran bagian tengah, Pulau Tiga, Pulau Midai, Pulau Serasan dan Pulau subi, berpotensi terjadinya berawan hingga hujan ringan sedang. Diprakirakan masih akan berlangsung hingga 1-2 jam kedepan dalam keadaan menyebar. Tetap waspadai kondisi cuaca buruk dan jaga keselamatan. Semoga bermanfaat”.

Informasi prakiraan cuaca ini disampaikan pihak BMKG di grup Mitrapers Natuna. Pada Minggu siang (13/01/2019), sekitar pukul 12.00 WIB.(*)

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.