Gegara Pemilu, Ujian Nasional Tahun 2019 Disegerakan?

Ujian Nasional Berbasis Komputer.(foto:int)

MARWAHKEPRI.COM, NATUNA – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA pada tahun 2019 akan dipercepat dari jadwal sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghidari benturan waktu dengan Pemilu serentak pada bulan April mendatang.

Jika Unas tahun 2018 dilaksanakan pertengahan bulan, maka ujian tahun ini digelar pada awal bulan April. Sedangkan Pemilihan Umum akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019.

Diperlekasnya jadwal Ujian Nasional, dibenarkan Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, Kodirin. Pihaknya telah melaksanakan Rakor di Provinsi Kepri, pada tanggal 22 November tahun 2018.

Kodirin mengatakan, rapat koordinasi tersebut dalam rangka membahas dipercepatnya jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/01/2018), pria berkacamata itu menuturkan, UN 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 1,4, dan 8 April. Sedangkan tahun lalu dilaksanakan pada tanggal 12 April.

Kodirin meyakini, kendati UN tahun ini dipercepat, tidak akan berpengaruh besar terhadap pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Bungtim. Pihaknya lebih siap, karena sudah tiga tahun melaksanakan UNBK.

Dengan persiapan yang sudah ada, ia percaya semua anak didiknya mampu menjawab soalan, dan lulus semuanya. Pihaknya menargetkan kelulusan 100 persen.

Ia berharap, 202 peserta UN dari SMAN 1, memperoleh nilai terbaik, serta meningkat dari tahun sebelumnya. Namun tidak hanya lulus secara kuantitas, tetapi lulus secara kualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, Suherman mengatakan, dirinya belum menerima surat dari Provinsi terkait dimajukannya jadwal UN tahun 2019.

“Saye belum dapat surat dari Provinsi pak”, jawab Suherman, ketika dikonfirmasi via What’sApp, Jumat (11/01/2019) pukul 17.16 WIB.(*)

(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.