Sebanyak 5.000 Siswa Batam Sudah Lakukan Perekaman KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar

BATAM (marwahkepri.com) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Batam, Said Khaidar mengatakan sepanjang tahun 2018 mereka sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) di 78 sekolah yang ada di Kota Batam.

Sekitar 5000 siswa berusia 16 tahun sudah ikut melaksanakan perekaman tersebut.

Disduk Batam sengaja melakukan perekaman kepada siswa yang memasuki usia 17 tahun untuk mendukung KPU dalam mendata pemilih pemula pada Pemilu yang diadakan 19 April mendatang ini.

“Jadi siswa yang melakukan perekaman per Januari 2018 kemarin, sekarang ini sudah memasuki usia 17 tahun, mereka sudah terdaftar sebagai pemilih,”kata Said Khaidar saat ditemui awak media di ruangannya, Kamis, (10/1/2019).

Said mengatakan perekaman terus digalakkan karena usia orang Batam semakin bertambah. Mereka sengaja mendatangi sekolah-sekolah untuk mendata siswa yang sudah memasuki usia 17 tahun.

“Sebenarnya ini bukan hanya untuk kepentingan pileg ini, tetapi ini sudah menjadi agenda rutin kita dari kemarin,”jelasnya.

Selain disekolah, Disduk Batam juga mendatangi lapas untuk dilakukan perekaman.

Untuk tahun 2019 ini, Said mengatakan telah mengajukan permintaan blanko ke Mendagri sebanyak 38.000.

“Kalau tidak ada halangan, hari ini ada yang berangkat untuk mengambilnya, kalau dapat kita sebarkan ke kecamatan,”katanya.

Said memastikan blanko tidak pernah kosong, tetapi mereka mengutamakan mencetak KTP bagi pemula, karena mereka memang belum pernah memiliki KTP.

“Kita pegang stok juga, manatau nanti ada yang sangat membutuhkan bisa kita bantu, misalnya yang sakit, sekolah atau ada hal penting lainnya,”ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.