Kelurahan Belian Jadi DPT Terbanyak di Kota Batam

Ketua PPS Kelurahan Belian, Taufiq saat berada di Kantor Sekretariatnya (foto:munawir)

BATAM (marwahkepri.com) – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diadakan Rabu, 17 April 2019 mendatang, Kelurahan Belian menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak di Kota Batam.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Belian, Taufiq mengatakan ada sebanyak 40.496 DPT dan sekitar 100 Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Kelurahan Belian.

“Total DPT di Kecamatan Batam Kota sebanyak 104.386, DPT di Kelurahan Belian 40.496 dan DPK yang sudah masuk sekitar 100 an,”kata Taufiq saat ditemui awak media di Kantor Sekretariatnya, Rabu, (9/1/2019).

Namun Taufiq menjelaskan, untuk DPK sendiri baru bisa dipastikan jumlahnya sebulan sebelum Pemilu, karena untuk sekarang ini masih ada beberapa warga yang datang melaporkan data pemilihnya.

“Artinya, sekitar 40% DPT yang ada di Kecamatan Batam Kota berasal dari Kelurahan Belian,”tambah Taufiq.

Menurut Taufiq, di Kelurahan Belian masih ada sekitar 5% lagi yang belum terdaftar. Alasannya karena terdaftar ditempat lain.

“Sekitar 10% DPT di Kelurahan Belian ini adalah pemula,”ungkapnya.

Kelurahan Belian sendiri memiliki 54 RW dan 194 RT, dalam 1 TPS maksimal 300 DPT, sehingga Kelurahan Belian membutuhkan 168 TPS. Meskipun begitu, Taufiq tidak dapat memastikan semua DPT akan datang pada saat Pemilu. Namun dia berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas.

“Kita selalu berupaya mengajak agar masyarakat menggunakan hak pilihnya, kita juga mengadakan sosialisasi ke masyarakat agar tingkat kesadaran pemilih meningkat,”terang Taufiq.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.