DJBC Kepri Tegah Dua Kapal Bermuatan 1.510 Karung Bawang

Ilustrasi. (F:ist)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Sebanyak 1510 karung bawang merah asal Malaysia yang diangkut menggunakan kapal KM. Jaya Abadi GT.25 dengan nomor lambung No.225/QQd ditegah oleh Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepri di Perairan Aceh pada hari Minggu (6/1/2019) lalu.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto mengatakan penegahan kapal bermuatan bawang tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat yang kemudian pihaknya langsung melakukan patroli pengecekan dan pencegahan terhadap kapal tesebut.

“Berdasarkan pengakuan nakhkoda inisial R dan 3 orang ABKnya bawang tersebut tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah dari Malaysia tujuan Aceh,” kata Agus dalam keterangan resminya di Aula H.K.Iroth Kantor DJBC Khusus Kepri, Rabu (9/1/2019).

Atas tegahannya tersebut, pihaknya langsung melakukan penyitaan terhadap kapal tersebut lengkap dengan muatannya yakni 1 set alat navigasi dan 1 set dokumen kepada penyidik Kanwil Aceh untuk proses lebih lanjut.

“Sedangkan untuk Nahkoda R dititip di Lapas Kuala Simpang,” katanya.

Hingga kini pihaknya terus berupaya untuk menegah barang-barang ilegal dan tanpa dilengkapi dokumen yang sah untuk beredar di tengah-tengah masyarakat. Terlebih barang-barang atau komoditi yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat seperti bawang.

“Kemarin saat kita menegah bawang, Pak Bupati Karimun langsung menelfon saya, kalau dapat bawang tersebut dihibahkan kepada masyarakat, hibahkan saja,” katanya.

Menjawab permintaan orang nomor satu di Kabupaten Maritim ini pihaknya langsung menyetujuinya, namun barang bukti yang dimaksud pihaknya terlebih dahulu telah menyerahkannya ke Kanwil DJBC Aceh.

“Sudah kita serahkan ke Aceh, kalau di sini akan dapat kita hibahkan untuk kepentingan masyarakat,” katanya. (SL)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.