13.682 e-KTP Invalid dan Rusak Dimusnahkan

Kabid Pendataan Penduduk, Muhammad membakar e-KTP di depan kantor Disdukcapil Lingga. Ada 13.682 e-KTP invalid dan rusak dimusnahkan, Selasa (08/01/2019). (foto: Selingga)

Lingga (marwahkepri.com) – Puluhan ribu e-KTP invalid dan rusak, dimusnahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga, Selasa (08/01/2019). Pembakaran dipusatkan di depan kantor, jalan Garuda No.17, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep.

Kepala Bidang Pendataan Penduduk ,  Muhammad mengatakan pemusnahan e-KTP ini, berdasarkan surat edaran Kemendagri.

e-KTP yang gagal merecord atau gagal incording registrasi ke pusat. Atau yang rusak dari pemakainya, seperti patah, sobek maupun warna foto yang pudar, dan telah digantikan baru karena adanya perubahan elemen data, harus dipotong lalu dibakar.

“Yang rusak dari pemakainya itu lebih banyak. Karena banyak yang merekam ulang,” kata dia.

Pemusnahan kali ini, untuk ketiga kalinya dilakukan Disdukcapil Lingga. Pemusnahan dilakukan bertahap karena harus lebih dahulu menginput data Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP yang masih terbaca baik nama dan Nomor Induk Kepedudukan (NIK), untuk dijadikan dokumen secara manual.

“Yang tidak terbaca, kita bakar duluan. Dan kali ini, paling banyak kita musnahkan,” ucap dia.

Tercatat pada 14 Desember 2018, Disdukcapil Lingga sudah memusnahkan 571 e-KTP, dan pada 19 Desember 2018 sebanyak 2.367 e-KTP. Dan kali ini, sebanyak 13.682 e-KTP. Totalnya, 16.620 e-KTP telah dimusnahkan, sepanjang penarikan sejak 2011 lalu.

Muhammad menegaskan, pemusnahan tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu. Sebab, untuk data primer jumlah kependudukan beserta identitas lengkapnya sudah disediakan oleh Kemendagri melalui Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang merupakan hasil verifikasi Kemendagri  dari pencatatan penduduk secara online.

“DP4 itulah diberikan KPU pusat, kemudian di breakdown ke PKU daerah,” tegas dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.