Desa Sungai Pinang Dambakan Signal 3G/4G

Ilustrasi (net)

Lingga (marwahkepri.com) – Signal Telkomsel di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur masih seputaran GSM saja. Padahal peningkatan kapasitas ke 3G/4G sudah lama didambakan masyarakat, apalagi desa tersebut sebagai pusat pemerintahan Kecamatan Lingga Timur, Senin (07/01/2019).

Pernyataan tersebut pernah disampaikan Kepala Desa Sungai Pinang, Diyau Rusdi. Setelah sekian lama berdirinya tower belum mengalami peningkatan signal ke 3G/4G seperti yang sudah dilakukan pemerintah daerah untuk wilayah Desa Pulau Bukit, Senayang dan sekitarnya.

Sebagai pusat Kecamatan, tentu adanya akses komunikasi yang baik, akan menunjang pekerjaan pemerintah. Seperti pengiriman data, surat dan lainnya yang telah berubah dalam bentuk elektronik.

“Masih 2G, itulah menjadi kendala walau bisa berkomunikasi. Tapi akses internet lain belum bisa,” papar dia.

Baca juga (klik) : 

Tower 92 Meter Desa Kudung Gagal Dibangun

Kominfo Humas Lingga Temui Provider Telkomsel

Hal serupa juga disampaikan salah satu pegawai kecamatan. Karena kebutuhan, untuk mengirim data-data ke Kabupaten mereka harus rela pergi sekian kilometer dari kantor. Signal 3G baru ada setelah menanjak bukit jalan utama menuju Desa Kudung.

“Karena memang disitulah satu-satunya tempat yang bisa interent. Disitu juga banyak anak-anak muda mengakses internet,” kata dia.

Untuk memungkinkan adanya peningkatan tahun ini, pihak desa beberapa waktu lalu menegaskan telah mengusulkan kepada pemerintah daerah. Begitu juga dari kecamatan, karena alasan kebutuhan yang urgensi.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar beberapa waktu lalu juga menyampaikan akan segera disikapi setelah adanya usulan yang masuk baik dari kecamatan maupun desa.

“Kalau ada pengusulan, nanti insyaallah diperjuangkan. Tahun ini, mudah-mudahan di Sungai Pinang bisa hadir. Dengan syarat listrik 24 jam. Kalau 24 jam listrik hidup, tinggal mengusulkan meng-upgrade signal. Saya lagi minta ke Infokom agar mengupayakan usulan itu,” terang Nizar.

Sebagaimana diketahui Telkomsel adalah salah satu provider jasa telekomunikasi yang selama ini sudah beroperasi di Kabupaten Lingga. Dengan melihat, kondisi geografis Kabupaten Lingga yang terdiri dari hamparan pulau-pulau dan banyaknya perbukitan menyebabkan banyak daerah yang masih belum terjangkau signal.

Karena sudah menjadi kebutuhan dasar dalam menunjang laju beragam sektor, maka hal tersebut harus menjadi prioritas pemerintah daerah. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.