Camat Katang Bidare: Kegiatan Desa Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Sosialisasi penyusunan APBDes tahun anggaran 2019, Kecamatan Katang Bidare, Senin (07/01/2019). (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Mengandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga, pemerintah Kecamatan Katang Bidare mengajak desa-desa di wilayahnya bijak menyusun anggaran untuk kegiatan desa tahun 2019.

“Hendaknya didalam penyusunan nanti benar-benar dianggarkan sesuai kebutuhan, karena kita tidak mau kedepanya banyak hal-hal yang tidak bermanfaat kepada masyarakat, lebih baik banyak kepada pemberdayaan,” ujar Camat Katang Bidare, Safaruddin pada kegiatan sosialisasi penyusunan APBDes 2019 di Desa Benan, Senin (07/01/2019).

Sejak menjabat pada 29 Oktober 2018 lalu, Safar selalu berupaya meningkatkan kesiapan, di kecamatan baru terbentuk ini, agar bisa bersaing dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Lingga.

Upaya itu, tentunya harus merambah kepada desa-desa, sebagaimana tugas dan fungsi kecamatan adalah memberi pelayanan dan segala kebutuhan untuk menunjang kemajuan desa.

Dengan melihat adanya peningkatan yang signifikan dari desa-desa dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun lalu. Baik realisasi pembangunan atau lainnya. Dengan begitu, kedatangan pihak DPMD diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih baik lagi bagaimana mengarahkan anggaran desa tersebut.

“Kami berpesan kepada DPMD untuk memberi pengarahan kepada Kades-kades kami dan BPD didalam penganggaran, jangan berkonflik,” pesan dia.

Kabid Pemdes DPMD Lingga, Sutarman SE yang hadir dalam sosialisasi itu  mengatakan, untuk penyusunan APBDes 2019 perlu pensingkronisasi kedalam program proritas Kabupaten.

Hal lain, meningkatkan program kegiatan pengembangan kelembagaan serta pemberdayaan kemasyarakatan untuk mendukung percepatan pembangunan di desa.

“Perli juga meningkatkan kembali kerjasama partisipasi pemerintah desa, BPD dan kelembagaan desa untuk upaya percepatan pembangunan didesa,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri semua Kepala Desa dan perangkat di Kecamatan Katang Bidare, seperti Desa Benan, Desa Mensanak, Desa Pulau Bukit, Desa Pulau Duyung dan Desa Pulau Medang. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.