Kominfo Humas Lingga Temui Provider Telkomsel

Plt Kabag Kominfo Humas Setda Lingga, Buana F Febuari berdiskusi dengan pihak Telkomsel. (Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Plt. Kabag Kominfo Humas Setda Lingga, Buana F Februari, mendatangi kantor Telkomsel di Batam Center, Kota Batam, Jum’at (04/01/2019) lalu. Kunjungannya, meminta penjelasan detail mengenai progres penguatan sinyal di wilayah Kabupaten Lingga.

“Ini upaya yang dilakukan Pemkab Lingga untuk mengatasi permasalahan jaringan komunikasi,” kata dia, Minggu (06/01/2018).

Kedatangannya, disambut langsung oleh Manager Network Services Batam, Andi Suapril dan SPV RTPO Tanjungpinang, Yurianda Syahputra.

Dari hasil bincang-bincang itu, menurutnya Telkomsel belum dapat membangun site atau tower baru tahun 2019 ini, sehingga pemerintah Kabupaten Lingga diharapkan menyurati Telkomsel Pusat dan Kementerian Kominfo untuk permintaan tower baru jika dibutuhkan.

“Telkomsel hanya meningkatkan kapasitas dan kualitas sinyal di Kabupaten Lingga dari yang masih 2G ke 3G dan hingga ke 4G,” jelas Buana.

Baca juga (klik) :

Tower 92 Meter Desa Kudung Gagal Dibangun

Desa Sungai Pinang Dambakan Signal 3G/4G

Pihak Telkomsel memerlukan dukungan pemerintah daerah dalam bentuk penyediaan lahan, dengan skema pinjam pakai seperti yang sudah dilakukan di Kabupaten Natuna dan Anambas. Selain itu, pasukan listrik juga penunjang utama yang harus disiapkan,  minimal 12 jam sehari.

“Lahan tolong dicarikan dan listrik tolong disediakan nanti tagihannya kami yang bayar ke PLN” kata kata dia sebagai disampaikan Andi Suapril dalam diskusi itu.

Kemudian jika mengharapkan Telkomsel tentu butuh waktu, dia katakan pembangunan tower, sebenarnya dapat diberikan kepada swasta lainnya atau BUMD. Setelah siap dapat disewakan kepada Telkomsel sebagai penyedia provider.

“Sebenarnya ada aturan yg memoratorium pemerintah daerah membangun infrastruktur tower itu,” papar dia.

Sebelumnya Bupati Lingga, Alias Wello sudah melakukan upaya meningkatkan singal komunikasi, Bagian Kominfo Humas Setda Lingga, mendapat tugas untuk mewujudkan Lingga tanpa blank spot dengan solusi pendirian tower baru atau menggunakan jaringan FO Palapa Ring Barat (PRB) dengan sesegera mungkin.

“Sebenarnya sudah dirintis pak Bupati sejak 2016 dan kami hanya menguatkan kembali” kata Buana. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.