Diduga Korupsi, Dua Oknum PDAM Karimun Masuk Penjara

Kedua tersangka saat dibawa ke Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Kamis (03/01/2019) untuk dilakukan penahanan. (F:SL)

KARIMUN (marwahkepri.com) – Dua orang oknum petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Tanjungbatu Kabupaten Karimun ditetapkan tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp.348.000.000,- berdasarkan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kepulauan Riau tahun 2016-2017 lalu atas penggunaan bahan bakar solar operasional air.

Kasubsi Pidum Pidsus Kajari Karimun, Dedi Simatupang mengatakan dua tersangka merupakan hasil penyelidikan Kacabjari Tanjungbatu terhadap dugaan tindak pidana korupsi di PDAM setempat dan langsung dijebloskan ke dalam penjara.

“Kacabjari Tanjungbatu melakukan penetapan tersangka dan dilanjutkan dengan penahanan atas tindak pidana korupsi terhadap tirta PDAM cabang Tangjungbatu,” kata Dedi kepada awak media di Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Kamis (03/01/2019).

Penetapan kedua tersangka ini kata Dedi berdasarkan penyelidikan terhadap barang bukti yang dilakukannya selama 3 bulan terakhir terhadap Kepala Cabang, Zulkarnain dan Staff Produksinya, Novi Erwin.

“Kita telah melakukan koordinasi kepada pimpinan sebelum menetapkan keduanya sebagai tersangka,” katanya.

Pihaknya pun kembali akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait sebelum melimpahkan kasus maling uang rakyat ini ke Pengadilan Negeri Karimun.

“Saksi yang telah diperiksa sampai saat ini mencapai 34 orang, mulai dari internal PDAM, kios-kios penyedia solar dan termasuk dari instansi terkait dari Pemda Karimun,” katanya.

Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 Junto Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 99 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Sebagaimana Telah Diubah dan Ditambah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 99 Junto Pasal 55 Ayat 1 Ke 1 KUHP Subsider Pasal 3 Junto Pasal 18 Uu Nomor 31 Tahun 99 tentang Pemberantasan Korupsi dengan Ancaman Hukuman 15 Tahun Penjara. (mk/sl)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.