Dandim Pati Hadiri Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73

Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos tampak serius mengikuti upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-73, Kamis (3/1/2019). (F:ist)

PATI (marwahkepri.com) – Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos, menghadiri upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama tahun 2019 dengan tema ”Jaga Kebersamaan Umat ” di halaman MAN 1 Pati Jl. Panglima Sudirman KM 3, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Kamis (3/1/2019).

Dalam amanat Menteri Agama yang dibacakan oleh Bupati Pati H. Haryanto SH, MH, M,Si menyampaikan marilah kita memperingati hari bersejarah ini dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung. Seluruh bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dalam derita dan bahagia, dalam sukacita maupun dukalara.

Tujuh puluh tiga tahun silam, atau tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat

Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

“Dan negara kita berdasarkan Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama,” tuturnya.

“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu “Jaga Kebersamaan Umat”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan,” tambahnya.

Sementara itu, Kakemenag Kabupaten Pati  Imron, S.Ag mengatakan dalam peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ini, ia mengajak kepada semua elemen di Kabupaten Pati menjaga kerukunan dan jaga kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari, dan jauhi segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara.

“Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesama umat,”jelasnya. (narto pendim pati).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.