Pos Kotis Sebagai Sarana Informasi

Anak-anak Desa Pasedan mengunjungi pos kotis TMMD Reguler ke-103 di Desa Pasedan.

REMBANG (marwahkepri.com) – Pos Kotis merupakan pusat perencanaan kegiatan fisik dan non fisik yang ditetapkan komando Satgas TMMD Reg 103 Kodim 0720/Rembang. Dari sinilah seluruh aktivitas dilakukan, baik kebutuhan material maupun perencanaan lainnya.

Seperti yang dialami Hendro (50) dan Mimin (36) misalnya. Dari informasi yang diperoleh mereka dari Kadesnya, Kusman kediaman mereka mendapatkan bantuan (Rumah Tak Layak Huni (RTLH), namun, hingga kini rumah mereka belum juga dilakukan perbaikan.

Melalui Serma Slamet Riyanto, baik Hendro maupun Mimin baru mendapatkan penjelasann bahwa progran RTLH untuk keduanya sedang dihitung serta menunggu kebutuhan material.

“Sudah dihitung dan kita menunggu kebutuhan material. Tak lama lagi RTLH Pak Hendro dan Ibu Mimin dikerjakan,” ujar Serma Slamet, Sabtu (20/10/2018).

Selain persoalan Hendro dan Mimin, di pos Kotis ini juga semua orang akan mendapatkan gambaran tugas-tugas yang sudah dilakukan, belum dilakukan dan atau sedang tahap pekerjaan.

“Disini laporannya tertulis dengan baik. Semua satgas wajib melaporkan kegiatannya. Sehingga mudah kita melakukan pengawasan. Termasuk memecahkan persoalan kalau memang ada,” imbuh slamet

Pembangunan non fisik pun demikian. Kapten Inf Budi S Danramil 12/Kragan selaku penanggungjawab kegiatan ini juga melakukan hal yang sama.

“Fisik dibutuhkan, pembangunan mental juga harus. Program ini memang tak nyata, tetapi ini soal keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Jadi, pembangunan non fisik juga menjadi sasaran pokok TMMD, tak heran jika setiap harinya ada saja anak-anak sekolah sekitar Pos Kotis yang ingin tau kegiatan apa saja yang ada di pos, selain itu juga sebagai wawasan, sarana informasi buat anak-anak mengenai kehidupan TNI,” pungkasnya.(MK/Kodim rembang)