Pemeriksaan Sudah Turun, Kepsek SDN 12 Lalang Kabung Tak Bisa Jelaskan Penggunaan Dana BOS

Kepala SD Negeri 012 Lalang Kabung, Darman S.Pd saat dijumpai di kantornya pada Jumat (19/10/2018). (F:Sona)

PELALAWAN (marwahkepri.com) – Kepala Sekolah SD Negeri 012 Lalang Kabung, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau tak bisa menjelaskan penggunaan dana BOS dan BOSDA BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah) tahun 2017 lantaran pemeriksaan sudah turun semua.

Kepada media ini dia mengaku bahwa, dalam pengelolaan dana BOS dan BOSDA tahun anggaran 2017 tidak ada masalah. Penggunaan BOS dan BOSDA tersebut telah dilaporkan semuanya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Namun tidak bisa dijelaskan secara mendetail karena semua pemeriksaan seperti inspektorat telah turun.

“Maka itu kami tidak bisa menjelaskan rincian penggunaan dana BOS dan BOSDA kepada media. Hanya bisa dijelaskan secara global saja, yang penting semua telah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan sudah dibuatkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ). Jika tidak percaya, silakan dicek saja SPJ yang telah kami laporkan di Dinas Pendidikan,” ucap kepala SD Negeri 012 Lalang Kabung, Darman S.Pd pada Jumat (19/10/2018) saat dijumpai di kantornya..

“Jumlah dana BOS dan BOSDA sudah tidak ingat lagi. Lagi pula bendahara pengelolaan dana BOS dan BOSDA disekolah ini tidak ada disini sekarang, sehingga sulit menjelaskan berapa nilainya semua. Begitu juga item kegiatan yang telah dilaksanakan, tidak bisa dijelaskan secara mendetail,” ungkapnya.

Dikatakan Darman, jumlah dana BOS dan BOSDA di sekolah ini nilainya tidak begitu besar. Terlebih jumlah dana BOSDA pada tahun ini sudah dikurangi sekitar 50% dari jumlah biasanya setiap tahun. Sehingga pihak sekolah kewalahan dalam melaksanakan kegiatan, karena banyak kekurangan dana untuk biaya melaksanakan setiap kegiatan sekarang. (MK/Sona)