Diklat PIM III Asal Lingga Studi Banding ke Kalimantan Selatan

Peserta Diklat PIM III angkatan ke-81 di Surabay dari Kabupaten Lingga saat melakukan studi banding ke Kabupaten Banjar (Foto:Ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Peserta Diklat PIM III angkatan ke-81 asal Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau melakukan studi banding ke Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (08/10/2018) kemarin. Sebanyak 40 PNS muda ini, diberikan pendidikan selama mengikuti diklat di Surabaya, Jawa Tengah.

Salah satu peserta Diklat PIM III angkatan ke 81, Safaruddin, M.Si menyampaikan kedatangan mereka ke Kabupaten Banjar yang berada di selatan pulau Kalimantan itu sebagai bagian kunjungan penting selama mengikuti pendidikan.

“Tadi ada 3 kelompok, kelompok pertama melakukan studi banding di Kantor Kecamatan Martapura Timur. Kelompok kedua ke Dinas Capil dan kelompok tiga ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),” kata Safaruddin, yang menjabat sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga via seluler, Selasa (09/10/2018).

Kunjungan pejabat muda Pemkab Lingga itu disambut antusias oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, Nasrunsyah beserta pejabat pemerintah lainnya.

Menurutnya, kegiatan benchmarking to best practice yang dilakukan di Kabupaten Banjar tersebut bertujuan untuk mengamati serta meneliti keberhasilan atas inovasi DPMPTSP Banjar dalam peluncuran Perizinan Tanpa Persyaratan (Petasan).

“Ya, jadi nantinya keberhasilan Kabupaten Banjar dalam peluncuran Petasan ini diharapkan dapat diadaptasikan ke Pemerintah Kabupaten Lingga,” ujarnya.

Inovasi Petasan yang telah diterapkan Kabupaten Banjar berdampak positif pada peningakatan PAD setempat. Dengan kunjungan itu, sejumlah pejabat muda itu diharapkan bisa mengadopsi dan membawa pulang serta menerapkannya di Kabupaten Lingga. (MK/r)