Ribuan Masyarakat Batam Ikuti Sepeda Nusantara 2018

Berfoto bersama. (F:ist)

BATAM (marwahkepri.com) – Ribuan masyarakat Kota Batam mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Minggu (7/10/2018).

Sepeda Nusantara 2018 ini dilaksanakan di 137 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 13 Mei 2018 dan dijadwalkan berakhir pada tanggal 18 November 2018 mendatang.

Kegiatan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga ini bertujuan untuk menggelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pagelaran pertama digelar di Jakarta, kemudian berlanjut ke Rangkasbitung, Wondama, Merauke, Anambas, Pontianak, Bireuen, Banyumas, Langsa, Palangkaraya, Ngawi, Depok, dan Medan. Kemudian lanjut ke Bontang, Langkat, Mamuju, Pacitan, Cimahi, Palu, Gunung Mas, Tarakan, Pekanbaru, Kuningan, Padang, Gorontalo Utara, Bengkulu Selatan, Pekalongan, Bandung, Tebo, Manado, Serang, Deli Serdang, Pagar Alam, dan Palembang. Kota Batam sendiri merupakan kota ke-35.

Pada kegiatan di Batam, Kemenpora menggandeng unsur pemerintah di daerah, seperti BIN, Pemprov Kepulauan Riau (Kepri), Polda Kepri, Pemko Batam, BP Batam, serta didukung ISSI Kepri.

Peserta Sepeda Nusantara 2018 Kota Batam dibagi menjadi dua kategori. Kelompok pertama yakni peserta VVIP menempuh jarak 3 kilometer. Sedangkan kelompok umum bersepeda sejauh 13 kilometer.

“Target kita 5 ribu sampai 10 ribu peserta. Tujuannya adalah memasyarakatkan sepeda,” kata Ketua Panitia, Jadi Rajagukguk.

Ia mengatakan latar belakang kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk mengajak masyarakat hidup sehat. Dan menjelang tahun politik 2019, masyarakat diajak untuk menjaga persaudaraan dengan bersama-sama mendeklarasikan tagar #2019KITATETAPBERSAUDARA.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kepri mengatakan kegiatan ini memberikan beberapa manfaat. Pertama untuk kesehatan, kedua untuk kebersamaan.

“Kesehatan bukanlah segalanya tapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Ketika kita sehat maka kita akan mampu melaksanakan amanah yang diberikan,” ujarnya.

Andap juga mengajak masyarakat Batam dan Kepri umumnya untuk bersama-sama melawan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian. Peserta yang hadir juga ikut mendeklarasikan bersama Masyarakat Kepri Anti Hoax untuk menolak dan melawan segala informasi hoax.

Kegiatan Sepeda Nusantara 2018 di Batam dibuka oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan dihadiri Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Celvian Gumay, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki, dan lainnya. (mk/mc)