Anggota Pansus: Pengelola Parkir Wajib Mengganti Rugi Kendaraan atau Barang yang Hilang

Seorang petugas parkir sedang memberikan aba-aba kepada pengemudi mobil. (F:net)

BATAM (marwahkepri.com) – Panitia Khusus (Pansus) Perda Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pajak dan Retribusi Parkir mengingatkan pengelola dan penyelenggara parkir agar ekstra waspada. Pasalnya, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2018 tentang pajak dan retribusi parkir mengamanatkan kehilangan kendaraan bermotor menjadi tanggungjawab pengelola atau penyelenggara parkir.

“Kewajiban mengganti rugi kendaraan atau barang yang hilang di tempat parkir merupakan amanat Perda. Ini yang belum banyak disampaikan kepada masyarakat,” jelas anggota Pansus, Sukaryo, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, pajak dan retribusi yang dibayarkan masyarakat pada penyelenggara parkir, sudah mencakupi asuransi kehilangan kendaraan tersebut. Kewajiban mengganti kerugian kehilangan dan kerusakan kendaraan yang diparkir ini diatur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Detailnya kita atur di pasal 12 Perda 3 Tahun 2018,” tuturnya.

Politikus PKS tersebut menambahkan, kewajiban mengganti kerugian kehilangan dan kerusakan kendaraan ini wajib diberlakukan sejak Perda parkir disahkan. Perda tersebut diatur dan berlaku di setiap pengelola parkir baik di bandara, pelabuhan, mal, rumah sakit ataupun parkir di ruang milik jalan.

“Karena sudah ada sosialisasi, artinya sudah harus berlaku,” tegas Sukaryo.

Sememtara terkait klaim kendaraan rusak atau hilang, Sukaryo mengaku hal tersebut diatur di Peraturan Wali Kota (Perwako).

“Hal-hal teknis ini harus disampaikan Dishub (Dinas Perhubungan) ke pengelola parkir dan masyarakat. Untuk klaim kita pertegas di Perwako retribusi dan pajak parkir,” jelasnya. (mc)