Korea Selatan Berikan Bantuan 1 Juta Dollar untuk Korban Gempa Sulawesi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-i (foto ; istimewa)

Marwahkepri.com – Musibah yang baru saja di alami oleh Negara Indonesia menjadi perhatian bagi Negara Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan menyatakan akan menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar satu juta dolar AS untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari TribunWow.com dan world.kbs.co.kr pada Senin (1/10/2018), Korea Selatan berharap bantuan tersebut dapat mengurangi beban korban bencana.

Selain bantuan kemanusiaan, Pemerintah Korea mempertimbangkan pengiriman tim penyelamat darurat setelah membicarakannya dengan pemerintah Indonesia.

Sementara itu, badan kemanusiaan di Korea termasuk UNICEF Korea, World Vision, dan save The Children juga ikut mengirim bantuan kemanusiaan ke Sulawesi Tengah.

UNICEF Korea Selatan menyatakan bahwa pihaknya mengirim donasi 200 ribu dolar AS untuk membantu anak-anak korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah serta menyampaikan tentang penggalangan dana di situs resmi mereka.

Save The Children dan World Vision dari cabang Korea ini juga merencanakan untuk menyalurkan dana masing-masing sekitar 10 ribu dolar AS.

Cabang LSM yang didirikan di London pada tahun 1919 tersebut juga meminta dukungan dari elemen masyarakat Korea Selatan untuk membantu meringankan penderitaan korban bencana di Sulawesi Tengah.

 Presiden Korea Selatan Menyampaikan Belasungkawa untuk Korban Bencana

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga turut menyampaikan rasa belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) atas bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Hal tersebut terlihat dalam unggahan di akun Twitter resmi Kantor Presiden Moon Jae-in @TheBlueHouseENG pada Minggu (30/9/2018).

Presiden Moon: Yang Terhormat Presiden Republik Indonesai Joko Widodo,

Saya sangat sedih dengan hilangnya nyawa dan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi dahsyat dan tsunami yang menimpa Sulawesi 28 September.

Saya berharap korban beristirahat dengan damai dan atas nama pemerintah serta rakyat Korea, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada keluarga yang berduka, yang kehilangan orang tercinta, dan yang mengalami guncangan tak terduga, serta kesedihan.

 Saya menyampaikan penghiburan yang tulus untuk penduduk yang berada di wilayah terdampak dan masyarakat Indonesia.

Ini adalah harapan saya yang tulus, agar kerusakan dapat segera dipulihkan dengan kelancaran operasi pencarian dan penyelamatan, serta penduduk wilayah terdampak dan rakyat Indonesia dapat mengatasi masalah kesulitan dengan segera dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo,” tulis Moon Jae-in.(mk/tbw)