Wartawan Anambas Gelar Lomba Jurnalistik serta Sosialisai Keselamatan Nelayan

Berfoto bersama. (F:Jupri)

ANAMBAS (marwahkepri.com) – Aliansi Wartawan Kabupaten Kepulauan Anambas (AWKKA) melakukan kegiatan sosialisasi keselamatan bernelayan yang disejalankan dengan lomba penulisan jurnalistik bertema “Ayahku Nelayan yang Baik” tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diselenggarakan mulai tanggal 24 hingga 26 September 2018 di SMA Negeri 1 Anambas.

Kegiatan West Natuna Consorsium (WNC) Goes to School itu disponsori oleh Perusahaan Medco E & P, Premier Oil, Star Energy, dan diikuti oleh tiga SMA.

Ratin Indra, mewakili Premier Oil sengaja mengajak AWKKA melakukan lomba tulis, karena kemampuan menulis merupakan kemampuan luar biasa.

“Sebagai motivasi dari kami. Jika sudah mampu menulis, maka gunakanlah menulis dari hati dan perasaan,” ujarnya, Selasa (25/9/2018).

Ia berharap, tulisan hendaknya benar, agar dibaca sangat menyenangkan.

“Jika adik-adik mau jadi wartawan, gunakanlah hati jika jadi penulis,” tambahnya.

Lanjutnya, inti dari kegiatan lomba menulis ini adalah sekaligus mensosialisasikan daerah vital offshore atau daerah pengeboran minyak kawasan Natuna, maupun daerah Anambas, dengan minimal jarak aman disekitarnya harus 500 meter persegi untuk para nelayan, maupun bagi kapal yang melintas dari platform.

“Artinya jika hal tersebut dijaga, maka akan jadi nelayan yang baik. Tentunya bagi anak-anak, ayahku nelayan yang baik,” imbuhnya.

Ketua Panitia, Asril Masbah, saat melaporkan kegiatan lomba menulis di SMAN 1 Siantan mengucapkan terimakasih kepada West Natuna Consorsium (WNC) dalam acara yang terdiri dari beberapa wartawan di Anambas yang tergabung dalam AWKKA.

“Untuk meningkatkan generasi jurnalistik, makanya pihaknya membuat lomba untuk di SMA Negeri 1 Palmatak, SMAN 1 Siantan dan SMAN I Siantan Timur,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN I Siantan, Edi Lendra, juga mengatakan, dari 443 orang keseluruhan murid SMA Negri 1 Siantan, yang mengikuti kegiatan adalah siswa kelas XII, dengan jumlah 143 orang. Ia berharap siswa-siswi bisa juga belajar jurnalis, dengan adanya program ini.

“Harapan kami, dari sekolah SMA ini, agar siswa/siswi juga mengambil contoh positifnya, agar mendapat motivasi bapak/ibu perwakilan dari perusahaan dan wartawan yang sekarang sudah mampu memberi pengalam bagi siswa kami, maupun siswi,” tuturnya.

Edi Lendra juga mengucapkan terimakasih kepada panitia Aliansi Wartawan Kabupaten Anambas, Pihak Perusahaan Medco E&P, Primier Oil, dan Star Energy atas adanya program tersebut.

Ia juga menjelaskan, hari ini bukan tidak belajar, kita tetap mengajar dan belajar, cuma bedanya belajar tentang jurnalis yang programnya disiapkan oleh AWKKA.

“Semoga pihak perusahaan bisa membantu kami di SMA Negri I Siantan ini,” ungkapnya.

Dalam karya lomba tentang menulis jurnalistik oleh siswa kelas XII SMAN 1 Siantan tersebut yang keluar sebagai juara pertama ialah Veronika Merrici, juara kedua atas nama Theresia Dwi Lestari, dan juara ketiga atas nama Aura Caroline.

Sebagai pemenang lomba jurnalistik, Veronika Merrici mendapatkan hadiah satu buah laptop disertai piagam penghargaan dari AWKKA.

Terpisah, Leo Nardo/Ameng sebagai Ketua Kordinator di Kecamatan Siantan, yang tergabung dalam AWKK, juga turut mengucapkan ribuan terimakasih kepada perusahaan Medco E & P, Premier Oil dan Star Energy yang sudah mendukung kegiatan ini, juga kepada pihak sekolah SMA Negeri 1 Siantan. (JUPRI)