Buntut Meninggalnya Suporter, Menpora Hentikan Liga Indonesia Dua Pekan

Sejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018). (F:net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memutuskan menghentikan seluruh kegiatan Liga Indonesia selama dua pekan sebagai buntut meninggalnya seorang suporter di laga Persib Bandung vs Persija Jakarta beberapa waktu lalu.

“Seluruh masyarakat tentu berduka cita mendalam kepada keluarga almarhum, semoga amal dan ibadah almarhum diterima dan keluarga diberi ketabahan, kesabaran, sekaligus rela melepas kepergian almarhum. Kami betul-betul memahami duka bundanya, keluarga besar, dan teman-teman,” kata Imam di halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

“Dalam hal ini dalam pemerintah setelah dapat laporan dari berbagai pihak dan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) sudah melakukan pertemuan, pemerintah meminta liga sepakbola dihentikan sementara selama dua pekan,” tambah dia.

Keputusan menghentikan Liga Indonesia selama dua pekan diambil Kemenpora setelah BOPI mengungkapkan rencana yang sama. Hari ini, APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia) juga mengeluarkan sikap serupa, yakni menghentikan liga sementara dimulai dari pekan ke-24.

“Tak hanya sanksi pidana tapi sanksi apapun kepada siapapun. Karena di saat bersamaan pejuang kita sedang berjuang baik timnas U-16, U-19 dan timnas senior. Jangan sampai hal yang digaungkan tercoreng oleh sepakbola yang belum bermartabat,” ucap Imam.

Dalam situasi penghentian kompetisi ini, pemerintah akan menunggu PSSI dan operator liga untuk melakukan upaya-upaya luar biasa tegas berani dan tegakkan regulasi sebaik mungkin.

“Di saat penghentian ini kami minta PSSI melakukan upaya edukasi dan aturan yang telah dikeluarkan baik dari FIFA, AFC, dan maupun PSSI sendiri. Terutama simbiosis mutualisme antara suporter dan klub. Bersama-sama profesional dan bermartabat,” himbaunya.

Sebelumnya, seorang suporter Persija Jakarta tewas setelah dikeroyok oleh oknum bobotoh. Peristiwa tersebut terjadi sebelum kickoff laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018). (d***)