KPUD Lingga Tetapkan DCT Pileg 2019

Rapat pleno validasi DCT di KPUD Lingga (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lingga menetapkan 207 Daftar Calon Tetap (DCT) pileg DPRD, yang akan bertarung pada pemilu 2019 melalui rapat pleno tertutup, Kamis (20/09/2018).

Ketua KPUD Lingga, Juliyati melalui Divisi Teknisnya, Hasbullah menyampaikan KPUD Lingga telah melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pencalonan anggota DPRD Kabupaten Lingga dengan menetapkan 207 DCT. Hasil ini telah melalui proses yang cukup panjang mulai dari pengajuan bakal calon, verifikasi data calon, penetapan DCS sampai pada tahapan DCT yang dituangkan dalam SK.

“Dilakukan validasi rancangan DCT dengan mengundang perwakilan partai politik pada jam 09.00 dihari yang sama. Tadi penyerahan secara simbolis, dan dilanjutkan nanti malam,” papar Hasbullah.

Menurutnya, angka 207 ini tidak berubah dari angka penetapan DCS dulu. Akan tetapi terdapat beberapa perubahan didalamnya yakni adanya pengurangan sebanyak satu orang calon anggota DPRD yaitu H. Said Abdul Hamid, BA dari Dapil 3 Partai Nasional Demokrat. Dan ada penambahan calon yaitu Muhammad Afrizal dari Dapil 3 Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya namanya tidak ada di DCS karena pelanggaran fakta integritas (mantan narapidana tipikor).

Namun, berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 46 P/HUM/ZO 18 tanggal 13 September 2018 mengenai uji materiil terhadap PKPU Nomor 14 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, serta Surat Edaran KPU RI Nomor : 1095/PL01.4-SD/OB/KPU/IX/2018 tanggal 19 September 2018 sehingga yang bersangkutan dapat masuk kedalam DCT anggota DPRD Kabupaten Lingga.

“Kami masuk calon PAN tadi, karena memang ada surat edaran KPU Pusat, sebagaimana putusan hasil uji materi di MA dulu,” ucap Hasbullah.

Sebanyak 207 DCT tadi, akan siap bertarung untuk memperebutkan 20 kursi DPRD Lingga. Termasuk anggota DPRD Lingga sekarang maupun politikus baru, dengan rincian jumlah calon laki-laki sebanyak 130 orang dan calon perempuan sebanyak 77 orang yang tersebar dalam tiga daerah pemilihan (Dapil) yaitu Dapil Lingga 1 (Lingga, Lingga Timur, Lingga Utara, Selayar) sebanyak 63 orang calon, Dapil Lingga 2 (Senayang) sebanyak 31 orang calon, dan Dapil Lingga 3 (Singkep, Singkep Barat, Singkep Pesisir, Singkep Selatan, Kepulauan Posek) sebanyak 113 orang calon.

“Nama yang telah masuk tidak bisa dicoret lagi, mereka yang sudah tetap di DCT. Walaupun meninggal nama mereka tetap ada untuk dipilih,” ucap dia.

Diketahui, terdapat tiga orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu orang perangkat desa yang masih menunggu Surat Keputusan Pemberhentian dari instansi terkait. Ketiga orang ASN tersebut telah melampirkan surat pernyataan sebagaimana diamanahkan dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 Pasal (27) ayat (2), (6), dan (7), yang isinya menyatakan bahwa calon telah mengundurkan diri dan mendapatkan tanda terima pengunduran diri dari instansi terkait, namun karena hal diluar kemampuan calon Surat Keputusan pemberhentian belum diterima calon.

Ketiga orang ASN tersebut yaitu, Said Parman dari Dapil 1 Partai Nasional Demokrat, Drs. Wan Chairil dari Dapil 3 Partai Gerindra, dan Fauzi Syekh Saleh dari Dapil 3 Partai Hanura. Sedangkan satu orang perangkat desa yaitu: Amren dari Dapil 3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Variasi data calon legislatif lainnya yaitu dari anggota DPRD pindah parpol yaitu Sui Hiok yang pada Pemilu terakhir mewakili Partai Hanura dan untuk Pemilu tahun 2019 menjadi calon legislatif dari Partai Demokrat.

Penetapan selanjutnya akan dilakukan nanti malam. Dan pada tanggal 23 September mendatang, setiap calon dari parpol boleh melakukan kampanye. (MK/arp)