Polres Natuna Terjunkan 200 Personil Amankan Pemilu 2019

Apel siaga pengamanan Pemilu 2019

MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Kepolisian Resor Natuna, akan menurunkan sebanyak 200 orang personil, untuk mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang.

Guna mengawal berlangsungnya pesta demokrasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, Polres Natuna dibantu 40 personil TNI, ditambah 500 petugas Linmas.

Demikian disampaikan Katendal Ops Polres Natuna, Kompol Elfizar, usai melaksanakan Apel Siaga Gelar Pasukan dalam rangka persiapan keamanan Pileg dan Pilpres, di halaman Mapolres Natuna, Rabu (19/09/2018).

“Natuna aman dan kondusif setiap Pilkada. Yang kita khawatirkan faktor cuaca. Karena letak geografis Natuna merupakan pulau pulau dibatasi oleh lautan luas. Ditambah lagi cuaca sangat ekstrim”, tutur Elfizar.

Apel persiapan Pemilu 2019 diikuti ratusan prajurit TNI-Polri, Kantor Pencarian dan Pertolongan, Linmas, Satpol PP, KPU, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

“Hari ini Kita melaksanakan apel gelar pasukan operasi mantap Barata tahun 2018”, ucap Wakapolres Natuna Kompol Renan, saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Operasi Mantap Brata Berlangsung selama 397 Hari. Bertujuan untuk memantau kesiapan personil, mengecek sarana prasaran menjelang Pemilu 2019. Kegiatan serupa berlangsung di seluruh Indonesia mulai hari ini.

Dikatakannya, kondisi kerawanan saat masa Pemilu bisa terjadi kapan saja, baik ditingkat nasional maupun di daerah.

“Maka dari itu kerawanan ini perlu dijaga dan diantisipasi mulai sejak dini, hingga pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang selesai”.

Operasi Mantap Brata 2018 ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan pemasang pita kepada petugas TNI-Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna.

Usai melaksanakan apel, seluruh hadirin melakukan deklarasi damai, bersih, sejuk dan anti hoax dihalaman Polres Natuna.

Hadir dalam apel pasukan ini, Bupati Natuna, Hamid Rizal, Ketua KPU Natuna, Junaidi Abdillah, Dansub POM TNI AD, Danpom TNI AL, utusan Bakesbangpol Natuna dan utusan Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna.***

Sonang Lubis