Pemkab Natuna Peringati Hari Perhubungan Nasional

Bupati Natuna menyampaikan amanat Menteri Perhubungan

MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Bupati Natuna Hamid Rizal, memimpin apel 17 hari bulan, disejalankan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional, di halaman kantor Bupati Natuna, Senin (17/09/2018).

Peringatan Harhubnas tahun 2018 mengusung tema “Guyub Rukun Bangun Bangsa”. Giat ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD), Basarnas Kabupaten Natuna, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), serta ASN dilingkungan Pemkab Natuna.

Amanat Menteri Perhubungan dibacakan Bupati Natuna Hamid Rizal menyampaikan, sektor perhubungan memiliki peranan sangat strategis dalam kehidupan berbagsa dan negara.

Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transpprtasi, sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Pemotongan kue oleh Bupati Natuna

Karena peranananya yang aman strategis, maka segenap Sumber Daya Manusia (SDN) perhubungan, dituntut kembali memperkuat komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras di sektor transportasi. Hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Dalam rangka memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas, pada tahun ini diselenggarakan pengembangan SDM perhubungan melalui Talent Pool System dengan Program Reform Leadership Training.

Peserta Program Reform Leadership Taining terdiri dari pejabat struktural (administrator, pengawas dan pelaksana) serta pejabat fungsional berdasarkan hasil Talent Scouting.

Kegiatan ini merupakan salah satu rencana aksi reformasi birokrasi area penataan sistem SDM aparatur, untuk mewujudkan pemerintahan bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi.

Pada peringatan Harhubnas kali ini, telah dilakukan penilaian pelayanan prima sektor transpprtasi, dilakukan setiap dua tahun sekali. Meliputi pelayanan publik, baik unit pemerintahan, BUMN, maupun swasta di lingkungan perhubungan.

Suasana upacara di halaman kantor Bupati

Upaya ini merupakan langkah strategis untuk mendorong perbaikan penyelengaraan pelayanan masyarakat, dengan memberikan simulasi perbaikan pelayanan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada unit penyelenggara pelayanan yang berhasil memproleh predikat unit pelayanan prima.

Pada hakikatnya, ini merupakan upaya pemerintah untuk merangsang semangat kreativitas dan memotivasi unit-unit pelayanan masyarakat di sektor transportasi, agar melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa.

“Saya berharap, peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana untuk meningkatkan prestasi, serta memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan segenap insan perhubungan dimana pun berada. Semoga semangat Harhubnas ini dapat meningkatkan jiwa korsa dan memberi semangat kerja yang berarti bagi pembangunan transportasi di seluruh pelosok tanah air”.

Apel berajalan dengan baik dan lancar. Diakhir acara, Bupati memotong kue Harhubnas ke XLVII dan menyuguhkan kepada FKPD.***

Sonang Lubis