Cegah Dini Abrasi, Lanud RSA Tanam Ratusan Mangrove

Personil TNI AU tanam pohon mangrove

MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, Lanud Raden Sadjad menanam ratusan batang pohon mangrove, di kawasan pangkalan TNI AU RSA dan kampung tua Penagi, Jumat (14/09/2018).

Kegiatan ini merupakan bagian dari karya bhakti, dalam rangka menyambut HUT ke 73 Tentara Nasional Indonesia, yang jatuh pada tanggal 05 Oktober mendatang.

Penanaman 150 pohon mangrove, dipimpin langsung Danlanud RSA Kolonel (Pnb) Prasetya Halim. Sembari menanam bibit bakau, personil Lanud RSA tampak membersihkan pantai bersama warga sekitar.

Danlanud Kolonel (Pnb) Prasetya Halim mengatakan, keberadaan pohon bakau diharapkan mampu mencegah terjadinya pengikisan garis pantai. Sehingga kestabilannya tetap terjaga dimasa mendatang.

Bahkan, Pamen berpangkat 3 melati ini mengakui, keberadaan mangrove di bibir pantai, dapat mengurangi atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke daratan.

“Kita ketahui, kalau pohon mangrove ini sangat besar manfaatnya. Terutama untuk menahan garis pantai agar tidak terkikis air laut”, ujar Danlanud.

Personil TNI AU bersama warga sekitar, tampak bahu membahu membersihkan pantai dari sampah yang terbawa arus laut. Suasana keakraban tampak kental antara masyarakat dan aparat negara itu.***

Sonang Lubis