Dispar Kepri Usulkan 8 Event Pariwisata Kepri Masuk Kalender Pariwisata Nasional

Festival Bahari Kepri. (F:net)

JAKARTA (marwahkepri.com) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri akan memasukan delapan event pariwisata Kepri pada kalender pariwisata Kementerian Pariwisata tahun 2019.

“Sebetulnya Kepulauan Riau memiliki banyak sekali event unggulan. Namun yang bisa dimasukkan ke kalendar event nasional adalah event yang diselenggarakan minimal tiga tahun secara konsisten dan sukses, karena itu kami sangat selektif,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar di hadapan Tim Kurator, pada Rapat Koordinasi Presentasi “Beauty Contest” persiapan Calendar of Event 2019 di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Adapun 8 top event Kepulauan Riau tahun 2019 yang diusulkan yaitu Festival Bahari Kepri, Tour de Bintan, Bintan Ironman 70.3, Bintan Triathlon, Tanjungpinang Dragon Boat Race, Festival Barongsai, Kenduri Seni Melayu, dan Festival Pulau Penyengat.

Namun untuk masuk dalam Calendar of Event 2019 tidak mudah. Tim Kurator akan menilai ketersediaan informasi online terkait event, diukur dengan keberadaan website, update content, dan design website. Kemudian konsistensi pelaksanaan, diukur dengan jumlah penyelenggaraan, merupakan jumlah total penyelenggaraan even yang sama sejak tahun pertama dilaksanakan hingga saat ini.

Buralimar pun berharap top 8 event Kepulauan Riau tahun 2019 tersebut dapat diterima dan masuk pada Calendar of Event 2019. Pada tahun 2018 ini beberapa event pariwisata Kepri telah tercantum pada Calendar of Event 2018, termasuk Festival Pulau Penyengat. (humas)