Desa Mekar Jaya Buka Objek Wisata Pulau Semarung

Dari puncak Semarung bisa menatap Sedanau dan Pulau Tiga

 MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Pulau Semarung, mendengar namanya, mungkin masih terasa asing bagi sebagian masyarakat Natuna. Apalagi keberadaannya cukup jauh di wilayah Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat.

Pulau nan elok itu memiliki luas sekitar 8 km, denan ketinggian mencapai 30 meter. Untuk menjangkau kesana, hanya membutuhkan waktu 7-10 menit dari pelabuhan rakyat, menggunakan moda transportasi kapal motor.

Sadar akan pesona pulau Semarung dan kekayaan hayati disekitarnya, Pemerintah Desa Mekar Jaya bersama masyarakat kepincut menjadikannya sebagai objek wisata. Saat ini sudah mulai dibuka walu dengan modal seadaanya.

“Kita baru buka seminggu yang lalu, dan minggu depan kita akan mulai lagi bekerja membenahi fasilitas disini sedikit demi sedikit”, ujar Kades Mekar Jaya Muhammad Isa, belum lama ini.

Pembukaan objek wisata pulau Semarung, dimotori oleh pemuda Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat setempat.

Muhammad Isa menceritakan, selain pulaunya yang eksotis dan menarik perhatian, di laut sekitarnya juga dapat dijadikan sebagai spot mancing. Beraneka jenis ikan masih banyak terdapat di perairan pulau Semarung.

“Namanya pulau Semarung, disini masih banyak kepiting, seafood, ikan, itu akan menjadi daya tarik tersendiri. Makanya tempat ini kita angkat jadi objek wisata”, tutur Isa.

Pihaknya belum mematok tarif untuk transportasi kesana. Apalagi masih baru, fokusnya masih menata dan bagaimana supaya dikenal masyarakat luas.

“Kami mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah, dalam hal ini melalui Dinas Pariwisata, untuk mendukung wacana pulau Semarung jadi tempat wisata”.

Objek wisata pulau Semarung, telah dikunjungi oleh Ketua PKK Natuna Nurhayati Hamid Rizal bersama rombongan, pada Jumat 31 Agustus 2018. Youtuber M.Rozali juga turut mengabadikan keindahan pulau mungil tersebut.

Mengunjungi objek wisata Semarung, tidak lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki dipuncak bukit. Dari atas bukit akan terlihat dengan jelas hamparan laut dan pulau-pulau kecil yang menyejukkan mata.

Dari puncak bukit, pengunjung juga bisa menatap langsung kota terapung Sedanau dan Kecamatan Pulau Tiga. Ini menjadi daya tarik tersendiri.

Kabupaten Natuna merupakan salah satu beranda terdepan NKRI, pulau Semarung hanya salah satu dari ratusan pulau eksotis yang pantas untuk dijadikan objek wisata.

Selain memiliki potensi minyak dan gas di laut lepas, daerah perbatasan ini juga memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Hanya saja butuh waktu dan keseriusan untuk mengelolanya.***

Sonang Lubis