Implasemen Timah Dibongkar, Bakal Diganti Museum

Proses pembongkaran implasemen timah (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Lokasi eks PT Timah (implasemen timah) Dabosingkep mulai dibongkar. Rencananya lokasi ini akan dibangun museum Timah dan dijadikan kawasan Singkep Bisnis Center.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Penataan Kawasan Pemukiman, (DPUPRPKP) Kabupaten Lingga, Said Nursyahdu menjelaskan, pembongkaran implasemen timah ini terkait dengan rencana peletakan batu pertama pembangunan museum dan tugu timah oleh Presiden Joko Widodo  dikabarkan berkunjung di Kabupaten Lingga.  Lokasi tersebut salah satu agenda dari kunjungannya.

” Yang jelas pembongkaran ini salah satu persiapan kita untuk kedatangan presiden, karena dia Presiden direncanakan meletakkan batu pertama pembangunan museum dan tugu timah di situ,” kata Said Nursyahdu, Senin (03/09/2018).

Menurutnya rencana pembangunan museum ini akan dibiayai oleh PT. Timah, sementara tugunya dari APBD Lingga tahun 2019. Dan sebagian lahan akan dijadikan kawasan Singkep Bisnis Center.

“Itu kawasan terletak di jalan perusahaan Dabo, Kecamatan Singkep,” terang dia.

Lebih lanjut semual Pemkab Lingga hanya berinisiatif membangun jalan penghubung ke pelabuhan melewati lokasi implementasi timah tersebut. Namun berbarengan dengan kunjungan presiden maka rencana pembangunanpun ditambah.

“Semula kita cuman ada paket proyek jalan dilokasi. Jalan lingkar dan porosnya, masing-masing dua ruas. tapi karena presiden mau datang hampir 80% gedung lama implasmen kite bongkar,” lanjut dia.

Rencana pembongkaran ini berkisar dua minggu dan sisa pembongkaran, seperti besi dan lainnya yang masih utuh akan disimpan sebagai aset. Ada 10 bangunan bekas lokasi pengolahan timah ini akan dibongkar.

Sementara Satpol PP Lingga terlihat berjaga untuk mengawasi keamanan besi-besi tua yang dibongkar.

“Kalau kita dari Pol PP hanya mengawasi pembongkaran, inikan aset pemerintah daerah, jadi kita jaga supaya barang-barang yang di bongkar yang sebagain besar besi, seng dan kaca serta barang lainya tidak hilang, ” kata Febrizal Taufiq, Kabid Penegak Perda Satpol PP Lingga. (MK/arp)