FKPS Berbagi di Kecamatan Bunguran Tengah

Ketua FKPS memberikan bantuan sembako

MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Forum Kita Peduli Sesama (FKPS), menggelar kegiatan berupa pembagian sembako dan pengecekan kesehatan secara gratis, di Kecamatan Bunguran Tengah.

Giat sosial kali ini dilaksanakan di tiga desa, meliputi Desa Harapan Jaya, Desa Tapau dan Desa Air Lengit. Sasarannya berupa lansia, warga kurang mampu dan anak yatim.

Pembagian sembako dan pengecekan kesehatan dilakukan secara door to door (ke rumah-rumah). Pada Minggu pagi, 02 September 2018.

Sebelum bantuan dibagikan, semua tim berkumpul di Puskesmas Kecamatan Bunguran Tengah, sekitar pukul 09.00 WIB.

Ketua FKPS Sugiyanto mengatakan, giat sosial ini dilaksanakan satu bulan sekali. Titik sasaran masih diseputar wilayah pulau Bunguran Besar, penentuannya berdasarkan kesepakatan dalam rapat internal FKPS.

Pemeriksaan kesehatan

Lanjutnya, sasaran untuk Desa Harapan Jaya sebanyak 32 orang. Terdiri dari 11 orang lansia, 3 warga kurang mampu, 15 anak yatim, 2 orang dalam kondisi sakit.

Sedangkan di Desa Tapau sebanyak 12 orang dan Desa Air Lengit sebanyak 29 orang. Terdiri dari 26 lansia, 2 kurang mampu dan 1 orang anak yatim.

Penyaluran bantuan dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing mengikut sertakan satu orang tim medis, untuk pemeriksaan kesehatan bagi penerima bantuan.

Sugiyanto mengatakan, jika dalam pemeriksaan kesehatan ditemukan penyakit, maka akan dirujuk ke Puskesmas Kecamatan.

“Kita lakukan pengecekan tensi, kalau ada penyakit lain akan kita rujuk ke Puskesmas setempat. Makanya kita bawa juga tim pemeriksa kesehatan”.

Rencananya, kegiatan sosial ini akan berlanjut ke pulau-pulau, setelah semua daerah di pulau Bunguran besar disisir.

Forum yang berdiri sejak satu tahun lalu, murni bergerak karena panggilan hati (sosial’red). Tidak ada unsur muatan politik dalam kegiatan ini.

“Ini murni kegiatan sosial, tidak ada muatan politik dalam kegiatan kita”, ujar Sugiyanto.***

Sonang Lubis