Ketika Pencak Silat Satukan Jokowi dan Prabowo

JAKARTA (marwahkepri.com) – Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia rupanya mampu meredakan ketegangan politik antara dua kubu pendukung Jokowi dan Prabowo.

Kedua tokoh nasional yang juga bakal calon presiden dalam Pilpres 2019 mendatang ini duduk berdampingan menonton final kejuaraan pencak silat (298/2018).

Pertemuan keduanya bukan dalam acara politik. Mereka bersua dalam pertandingan pencak silat Asian Games 2018.

Jokowi datang sebagai presiden untuk memberikan dukungan kepada atlet yang sedang bertanding. Sedangkan, Prabowo hadir sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat sIndonesia.

Meski keduanya sedang berkontestasi untuk menjadi Presiden periode 2019-2024, nuansa keakraban terasa saat mereka bertemu.

Jokowi yang datang ke Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, langsung disambangi Prabowo. Ketua Umum Gerindra itu bahkan sempat berlari kecil menuju mobil yang membawa Presiden ketujuh Indonesia.

Sesampai di dekat pintu mobil kepresidenan, Prabowo sempat menunggu Jokowi beberapa saat. Saat Jokowi keluar dari mobil keduanya terlihat saling melempar senyuman saat bersalaman.

Dari mobil ke dalam venue pencak silat, Prabowo dan Jokowi terlihat jalan beriringan. Tak nampak rasa canggung di antara keduanya.

Saat dua tokoh nasional ini masuk ke dalam bangunan tempat pertandingan digelar, perhatian penonton langsung tertuju ke mereka. Keriuhan kemudian terjadi. Sontak terdengar teriakan “Indonesia,” berulang-ulang yang menggema.

Ketika pertandingan dimulai Prabowo dan Jokowi duduk bersandingan. Tampak Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri duduk dalam deretan bangku VIP itu.

Keakraban keduanya sangat terasa saat pesilat kelas C putra 55-60 kilogram, Hanifan Yudani Kusumah, naik ke deretan bangku VIP setelah berhasil meraih medali emas usai mengalahkan pesilat Vietnam Nguyen Thai Linh. Dia menyalami semua orang di sana.

Selepas menyalami Jokowi dan Prabowo, Hanifan merangkul keduanya. Momen ikonik Hanifan yang mengalungkan bendera merah putih saat memeluk Prabowo dan Jokowi terjadi. Foto saling berpelukan itu sampai diunggah ke dunia maya Jokowi lewat akun Instagram-nya.

Kebersamaan dua bakal calon presiden itu kemudian berlanjut saat mengalungkan medali kepada para juara cabang pencak silat Asian Games 2018 kelas B putri 50-55 kilogram.

Jokowi mengalungkan medali, sementara Prabowo memberikan boneka maskot Asian Games. Secara berurutan adalah pesilat Thailand, Singapura, Vietnam dan terakhir pesilat Indonesia, Wewey Wita. Wewey meraih emas setelah mengalahkan pesilat Vietnam bernama Thi Them Tran.

Saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan, Jokowi, Prabowo dan CdM kotingen Indonesia Syafruddin, berdiri bersama para peraih medali. Suasana pun haru Indonesia Raya berkumandang lagi di Asian Games.

Usai seremoni itu, ajudan Jokowi tiba-tiba maju ke depan dan memberikan telepon seluler kepada Jokowi. Rupanya, Jokowi mengajak Prabowo dan pesilat Wewey membuat vlog.

Tepuk tangan pun membahana. Sekali lagi momen kemesraan Prabowo dan Jokowi yang seolah meruntuhkan semua pertentangan dan beda pendapat menghadapi Pemilu 2019. (mk/kump)