Jadi Tuan Rumah, Lingga Bakal Menjamu 18 Negara APCC

Bupati Lingga, Alias Wello (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Kabupaten Lingga segera menjadi tuan rumah Festival Kelapa Indonesia dan perayaan Hari Kelapa Dunia ke-49 tahun ini. Pada proses nanti, akan hadir 18 negara penghasil kelapa serta 248 kabupaten anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek), Kamis (30/08/2018).

Tak hanya itu kegiatan akbar berskala dunia ini, diagendakan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Dabosingkep pada September ini.

Bupati Lingga saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu memastikan orang nomor satu di Indonesia bakal hadir diacara tersebut. Momentum itu merupakan kesempatan Kabupaten Lingga dalam meningkatkan dan mempromosikan potensi pariwisata.

Apalagi, pada perayaan nanti tidak sedikit peserta yang hadir bahkan melampaui mancanegara. Disitu akan akan berlangsung KTT Kelapa Dunia yang dikabarkan bakal dihadiri oleh 18 negara anggota Asian and Pasific Cocunut Community (APCC) serta 248 Bupati anggota Kopek serta ratusan pengusaha kelapa baik tingkat nasional maupun internasional.

“Pasti, disitu akan ada 18 negara penghasil kelapa yang bakal hadir,” ucapan Alias Wello beberapa waktu lalu.

Alias Wello optimis promosi pariwisata di Lingga akan jalan sesuai rencana pada momen perayaan Hari Kelapa Dunia ini. Makanya saat ini, pemkab Lingga tengah giatnya menyusun agenda kegiatan.

Menurut dia, kegiatan yang bertujuan mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia secara umum diharapkan menjadi nilai tambah Bunda Tanah Melayu selaku tuan rumah untuk dikenal dimata dunia.

Rencananya, kegiatan ini akan dimeriahkan dengan pentas seni budaya, pameran, seminar, temu bisnis, field trip, serta suguhan berbagai jenis kuliner berbahan dasar kelapa termasuk target pemecahan dua rekor MURI, yakni pembuatan lukisan wajah Presiden Joko Widodo dan pembuatan sofa kreasi dari sabut kelapa.

“Banyak kegiatannya lagi. APBD-P kita realisasikan cepat untuk menunjang proses inilah,” ucap Awe sapaan akrabnya. (MK/arp)