Diam-diam, Ketua PKK Sambangi Dapur Masak ProGAS

Ketua PKK saat di dapur masak ProGAS

MARWAHKEPRI.com, NATUNA – Guna memastikan Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) berjalan dengan baik, Ketua PKK Natuna Nurhayati Hamid Rizal, melakukan sidak secara estapet, pada Rabu (29/08/2018).

Usai menunaikan ibadah shalat Subuh, Ketua PKK didampingi Sekretaris PKK Parta, secara diam-diam menyambangi rumah dapur masak di Sual, Kelurahan Bandarsyah.

Sesampainya disana, istri Bupati Natuna ini langsung berbaur dengan ibu-ibu yang tengah menyiapkan aneka makanan bergizi bagi anak Sekolah Dasar.

Tampak berbagai asupan bergizi sedang disiapkan. Seperti jagung rebus, sayur mayur, dan makanan tambahan bergizi lainnya.

Nurhayati tersenyum ramah dan turut serta membantu para ibu ibu yang sedang menyiapkan makanan untuk anak sekolah.

ProGAS merupakan program dari Kementerian Pendidikan Nasional, kegiatan ini terus digalakkan Ketua PKK Natuna. Dengan pemberian makan tambahan bergizi, diharapkan anak sekolah lebih sehat dan semangat menerima mata pelajaran di sekolah.

Pasca menyambangi dapur masak, Nurhayati melakukan estapet ke empat sekolah dasar di wilayah Kecamatan Bunguran Timur. Memantau secara langsung pemberian makanan bergizi.Kali ini sasaran ProGas SDN 004 Sual, SDN Bandarsyah, SDN Sungai Ulu, SDN 005 Sepempang.

Nurhayati menjelaskan, ProGAS di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan setiap pagi selama 108 hari (sekitar 4 bulan).

Kegiatan sudah berjalan selama 34 hari, dengan menu bervariasi. Untuk makanan unggulan ProGas adalah Nasi gurih dan ikan masak kuah kuning.

“Kita berharap, program ini berlanjut, serta menyentuh semua sekolah di Natuna. Sehingga anak-anak kita lebih sehat dan mudah menangkap pelajaran yang diterangkan guru”.

Sementara itu, Sekretaris PKK Parta mengatakan, menu makanan disajikan setiap sekolah berbeda-beda. Akan tetapi tidak mengurangi asupan gizi, sesuai dengan ketentuan dari pusat.***

Sonang Lubis