DPRD Lingga Ketok APBD-P di Angka Rp 800 Miliar

Penandatanganan berita acara persetujuan bersama (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Lingga bersama jajaran legislatif, akhirnya menyetujui RAPBD-P menjadi APBD-P Kabupaten Lingga Tahun 2018, Senin (27/08/2018) malam. Total anggaran yang disepakati pada paripurna tersebut sebesar Rp 800 miliar lebih untuk perubahan tahun ini.

Melalui juru bicara Badan Anggaran
(Bangar) DPRD Lingga, Agus Norman menyampaikan pembahasan RAPBD-P ini dimulai dari pembahasan kebijakan umum perubahan dan rapat ketetapan sementara APBD-P.

Kemudian sesuai mekanisme dalam UU, setelah RAPBD-P disampaikan oleh Bupati Lingga. Rapat dilanjutkan dengan pembahasan ditingkat komisi bersama OPD mitra kerja masing-masing

Kemudian dilanjutkan harmonisasi dan tingkat penyesuaian pada Bangar sore hari tadi, bersama tim anggaran pemerintah daerah.

“Rangkaian mekanisme RAPBD-P ini, mulai dari penyampaian KUA PPAS, RABPD-P sampai finalisasi dan harmonisasi sore hari tadi. Dari tanggal 16-27 Juli 2018,” terang legislator fraksi Golkar ini.

Dari hasil yang dibacakan, nilai pembahasan dimasing-masing komisi terdapat rekapitulasi sebagai berikut. Pada lingkup Komisi I dengan plafon anggaran Rl 1.302.353.022, komisi II sebesar Rp 175.716.335.043, dan Komisi III Rp 557.813.963.782.

Secara keseluruhan total anggaran perubahan pemerintah Kabupaten Lingga tahun ini, Rp 800 miliar lebih.

Menurut Norman, dari total yang dijumlahkan atas hasil pembelanjaan yang akan digelontorkan setiap OPD, terjadi penambahan anggaran sebesar Rp 84 miliar dari anggaran murni semula.

Bupati Lingga, Alias Wello yang menghadiri paripurna tersebut menyampaikan pada anggaran yang disahkan itu, ada kegiatan yang bakal menyedot pengeluaran besar yakni KTT Kelapa Sedunia yang direncanakan akan berlangsung di Kabupaten Lingga pada September ini bahkan wacananya dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Luar biasa tahun ini APBD-P Lingga meningkat diangka Rp 800 miliar lebih,” papar dia. (MK/arp)