Ciptakan Masyarakat yang Agamis, Pemkab Bintan Luncurkan Sejumlah Program

Ilustrasi anak-anak sedang belajar mengaji. (F:net)

BINTAN (marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Bintan meluncurkan sejumlah program untuk mewujudkan masyarakat yang agamis di Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan program untuk “melahirkan” masyarakat yang agamis tersebut seperti perbaikan masjid, pembangunan rumah tahfiz, pembinaan murid mengaji di sekolah dan peningkatan insentif guru ngaji.

Adapun perbaikan masjid dilakukan untuk menambah daya tarik masyarakat lokal dan wisatawan untuk memanfaatkan rumah ibadah tersebut.

Selain itu, rumah ibadah yang berbentuk tanjak tersebut juga menarik perhatian wisatawan karena bentuknya unik.

“Rumah tahfiz diluncurkan sebagai bagian terhadap generasi muda agar selalu cinta Al-qur`an. Tahun 2018 ini saja, Pemerintah Bintan menggesa pembangunan dua rumah tahfiz di Kecamatan Gunung Kijang dan Kecamatan Bintan Timur,” katanya, Sabtu (25/8/2018).

Sementara itu, untuk rehabilitasi rumah tahfiz di Kecamatan Gunung Kijang, kata dia, pemerintah mengalokasikan anggaran sekitar Rp950 juta, sedangkan pembangunan rumah tahfiz di Kecamatan Bintan Timur menelan anggaran berkisar Rp2,3 miliar.

Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan dan Pemukiman Bintan, Bayu mengatakan pemerintah menargetkan pembangunan kedua rumah tahfiz itu seleksai sebelum akhir tahun.

Sementara terkait peningkatan khalitas qari dan qariah, pemerintah menaikkan insentif untuk para guru mengaji.

“Gerakan 15 Menit Mengaji di sekolah merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat membaca Alquran di kalangan anak-anak dan remaja. Saat ini program tersebut masih diterapkan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir. (mk/an)