Sholat Idul Adha di Batam akan Dipusatkan di Dua Titik

Suasana sholat Idul Fitri di Dataran Engku Putri, Batam Centre beberapa waktu lalu. (F:net)

BATAM (marwahkepri.com) – Pemerintah Kota Batam memusatkan shalat ied Idul Adha 1439 H/2018 M di dua lokasi yakni di Batam Centre dan di Sekupang.

“Tahun ini kita sudah diberi tanggungjawab pengelolaan dua masjid. Masjid Agung di Batam Centre dan Masjid Baiturrahman di Sekupang. Untuk itu, shalat Idul Adha juga akan digelar di dua lokasi. Yaitu Dataran Engku Putri Batam Centre dan Lapangan Bola Sei Harapan Sekupang,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam, Yusfa Hendri saat apel pagi di Dataran Engku Putri, Senin (20/8/2018).

Ia mengatakan apabila kondisi tidak memungkinkan untuk shalat di lapangan, maka shalat ied akan dialihkan ke dua masjid tersebut. Jemaah di Dataran Engku Putri akan dialihkan ke Masjid Agung. Sementara Jemaah di Lapangan Sei Harapan bisa dipindah ke Masjid Baiturrahman bila hujan.

Adapun imam yang bertugas pada saat shalat ied di Dataran Engku Putri adalah Muslim Ahmad. Selaku bilal Muhammad Hasyim dan khatib Ustazd Salim A Fillah. Ustadz A Fillah merupakan penceramah yang berasal dari Yogyakarta. Pria kelahiran 21 Maret 1984 ini selain aktif di Masjid Jogokariyan Yogyakarta juga merupakan seorang penulis. Bukunya yang banyak diminati antara lain berjudul “Nikmatnya Pacaran Setelah Menikah” yang dirilis tahun 2003 lalu.

Sedangkan imam di Lapangan Bola Sei Harapan ialah ustadz Faisal Al Hafiz, selaku bilal M. Amin dan sebagai khatib, Hamizar M. Sy.

Menurut jadwal, Walikota Batam Muhammad Rudi akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Dataran Engku Putri. Sedangkan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Bola Sei Harapan.

Usai shalat ied, Walikota akan menghadiri acara penyembelihan hewan qurban dan menyerahkan satu ekor sapi qurban ke Masjid Agung. Sementara Wawako akan berqurban di Masjid Baiturrahman dan akan menyerahkan satu ekor sapi.

“Untuk tahun ini hewan qurban yang berhasil terkumpul dari pegawai di lingkungan Pemko Batam sebanyak 28 ekor. Seluruh hewan qurban yang terkumpul akan didistribusikan ke berbagai tempat di Kota Batam,” tutupnya. (mc)