Persatuan Kuliner Daik Lingga, Resmi Terbentuk

Wakil Bupati Lingga, M Nizar mengukuhkan sejumlah pengurus Persatuan Kuliner Daik Lingga (ist)

Lingga (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Lingga, M Nizar mengukuhkan pengurus Persatuan Kuliner Daik Lingga (PKDL) yang berlangsung di taman Tanjung Buton, Sabtu (18/08/2018). Tujuannya untuk mengikat kekompakan para pedagang kuliner di Daik Lingga dalam menopang majunya pariwisata.

Ketua PKDL Lingga, Hermadi  mengatakan terbentuk persatuan ini merupakan keinginan bersama. Salah satu tujuannya menggairahkan perekonomian di Lingga.

“Kita ingin membangkitkan kuliner Kabupaten Lingga, terutama yang berada di Daik ini. Kedepannya bukan Lingga mungkin kecamatan lain akan kita ajak,” ucap Hermadi saat dijumpai.

Dia akan berupaya menjadi penggagas, mengajak kecamatan di Kabupaten Lingga untuk melakukan hal yang sama.

Sebelumnya, PDKL ini telah terbentuk setahun lalu dengan beberapa keanggotaan. Hanya baru kali, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, ingin menjadikan PKDL ini benar-benar fokus bergeliat pada usahanya. Tujuannya, sebagai mitra baik kepariwisataan Lingga dalam menjamu wisatawan yang berkunjung.

“Dengan dilantik seperti ini, saya merasa bangga. Sebab persatuan ini baru pertama yang dikukuhkan langsung pemerintah daerah,” lanjut dia.

Saat ini, keanggotaan PDKL yang berbadan koperasi tersebut telah mencapai lebih kurang 40 anggota. Hermadi mengantakan pihak sangat terbuka bilamana ada penambahan anggota yang tentunya berlatar pedagang kuliner.

“Setalah ini, kita akan berupaya menciptakan kuliner yang berciri khas kampung. Dengan wadah yang telah terbentuk, kita akan berupaya keras,” papar dia.

Sementara terkait pelayanan terhadap tamu, kebersihan lingkungan dagang akan diupayakan kedepannya lebih baik lagi, dengan berpartisipasi pada pelatihan-pelatihan sajian kuliner yang melibatkan keanggotaan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, Drs. Raja Fahrurrozi turut mensupport inisiatif positif dari para pedagang kuliner di Daik Lingga. Dia berharap terbentuk persatuan ini, dapat lebih menghidupkan geliat ekonomi di Lingga.

Selain itu, persatuan yang dimaksud juga berperan penting dalam menopang pariwisata di Lingga, salah satu wisata kuliner yang bakal disajikan menjadi menu khas wisatawan yang berkunjung.

“Jadi tidak hanya disini, kita akan kumpulkan juga di Dabosingkep dan kecamatan-kecamatan lain untuk persatuan ini,” papar dia.

Kegiatan ini menghadirkan, Yudi Sumantri SE. M.Sc Dosen jurusan Pariwisata Universitas Internasional Batam. (MK/arp)