Tahun Ini 28 PNS di Lingga Pensiun, Satu Ajukan UPS

Ilustrasi. (F:ist)

LINGGA (marwahkepri.com) – Tahun 2018 ini, terhitung 28 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Lingga menjalani masa pensiun. Hal tersebut disampaikan Kasubid Pensiun, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatih (BKPP) Kabupaten Lingga, Pratiwi Alam Sundari, Senin (13/08/2018).

Dari data yang disampaikannya, sejumlah PNS tersebut merupakan pegawai yang telah mengabdi lebih dari 20 tahun dan sesuai dengan Batas Usia Pensiun (BUP). Setelah pensiun, mereka pun berhak menerima gaji atau hak pensiun.

“Jumlah ada 28 ditambah dengan satu lagi nanti ada yang mengajukan pensiun. Kemungkinan ada 29 orang. Tapi yang pasti ada 28 orang,” papar Pratiwi diruang kerjanya.

Menurutnya dari 28 orang tadi, kemungkinan akan bertambah satu orang lantaran mengajukan pensiun dengan Usulan Permintaan Sendiri (UPS) atas nama Said Parman yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga.

Menurutnya, yang bersangkutan tetap menerima hak pensiun walaupun atas usulan sendiri. Karena dihitung umur dan masa kerjanya sudah mencukupi pada batas usia pensiun.

“Beliau umurnya 57 tahun, masa kerja 27 tahun. Jadi tetap menerima hak pensiun. Semua bisa mengajukan pensiun. Muda pensiun dini karena hal atau sesuatu kepentingan lain. Tetap mereka tidak bisa mendapat hak pensiun. Ye karena belum mencapai syarat mendapatkan hak tadi atau batas minimal usia pensiun,” jelas dia.

Lebih lanjut batas usia pensiun yang dimaksud, menurut dia secara umum dibagi menjadi dua. Bagi guru dan eselon II batas usia pensiun 60 tahun sedangkan yang dibawah eselon II batas usia 58 tahun.

“Itu ada tambahan 2 tahun, kerana menjabat eselon II jadi usianya pada batas 60 tahun dengan masa kerja minimal 20 tahun,” ucap dia.

Sementara itu seluruh PNS yang akan pensiun tahun ini terdiri dari pegawai pemerintah Kabupaten Lingga yang menjabat sebagai guru, fungsional umum, pembantu para medis, camat dan kepala dinas.

“Biasanya yang mendominasi setiap tahun itu guru atau fungsional umum mereka yang tidak memegang jabatan,” lanjut dia.

Angka pensiun tersebut menurut dia stagnan dan masih terbilang stabil dari tahun ketahun.

Untuk tahun 2019 sendiri, jumlah PNS yang akan pensiun bejumlah 34 PNS. Namun angka tersebut masih bisa berubah lantaran adanya pengurangan atau penambahan. (MK/arp)