Selama Seminggu, 50 Peserta Diberikan Pelatihan SAR

Peserta pelatihan SAR di Kecamatan Senayang (ist

Lingga (marwahkepri.com) – Wakil Bupati Lingga M Nizar S.sos memimpin langsung apel pada pelaksanaan Pelatihan Teknik Pertolongan Di Air Bagi Potensi SAR dan Latihan SAR Daerah Tahun 2018 di lapangan Yusuf Kahar, Kelurahan Senayang, Selasa (07/08/2018).

Kegiatan yang dimaksudkan bertujuan menciptakan penguatan peran masyarakat pada penanganan awal ketika terjadi kecelakaan di perairan Kabupaten Lingga.

“Kami selaku Pemda Lingga mewakili Bupati Lingga, mengucapkan terima kasih atas SAR Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang telah menggadakan pelatihan bersama masyarakat yang dilaksanakan sejak tanggal 06 hingga 11 Agustus 2018 di Senayang ini,” ucap dia pada sambutannya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan seperti bini perlu ditanamkan dan harus menjadi pembelajaran masyarakat Lingga. Apalagi, cuaca dimusim selatan dengan fenomena gelombang tinggi patut diwaspadai masyarakat Lingga yang notabenenya nelayan. Dengan pelatihan tersebut, diharapkan dapat memperkuat peran masyarakat dan menghindari jatuhnya korban akibat bencana di laut, baik evakuasi, penanganan dan lainnya.

“Jadi kehadiran SAR sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Lingga, terlebih bilamana terjadi kecelakaan di laut dan dapat dengan segera dibantu oleh Tim SAR yg berada di Kabupaten Lingga,” lanjut dia.

Dia berharap kepada 50 orang peserta yang mengikuti pelatihan dapat maksimal dalam mengikuti. Karena pelatihan yang diberikan Tim SAR Kepri ini merupakan yang pertama kali dan cukup bermanfaat bagi keselamatan di laut.

“Ini kesempatan yang langka dan harus diikuti para peserta semaksimal mungkin agar menjadi ilmu dan nantinya dapat disampaikan pada rekan atau masyarakat yang lain,” harap dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.