Kunjungi Sekolah, Bupati Tegaskan Jangan Ada Perpeloncoan

Bupati Bintan H Apri Sujadi berfoto bersama siswa baru SMP yang menjalani masa orientasi atau pengenalan lingkungan sekolah, Selasa (17/7/2018).

BINTAN (marwahkepri.com) – Bupati Bintan H. Apri Sujadi bersama Kadisdik Bintan Tamsir,SSi,MSi dan sejumlah OPD meninjau awal masuk sekolah dan masa orientasi pengenalan sekolah bagi pelajar, Selasa (17/7/2018) pagi kemarin. Bupati menegaskan, tidak ada program perpeloncoan bagi siswa baru untuk tingkat SMP.

Peninjauan awal masuk sekolah dasar ditujukan di SDN 004 Toapaya Selatan, sampai ke tingkat SMP di beberapa wilayah kecamatan lainnya. Untuk tingkat SD, Bupati tidak mempersoalkan bagi anak yang masih dilakukan pendampingan oleh orangtua. Justru, pendampingan itu merupakan satu kebanggaan bagi anak yang baru masuk SD. Baik dari kalangan ibu rumah tangga, maupun orangtua dari kalangan ASN.

”Untuk orang tua dari kalangan ASN, kita maklumi untuk mendampingi anaknya yang baru masuk SD. Dengan catatan, selesai mengantar anaknya ke sekolah, kembali ke kantor. Kita harapkan semoga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya, sambil berdialog dengan orangtua dan wali murid, di SDN 004 Toapaya Selatan.

Selain itu, Bupati juga meninjau beberapa sekolah SMP yang melaksanakan orientasi pengenalan sekolah, antara siswa baru dengan majelis gurunya. Bupati mengingatkan kepada pihak sekolah maupun pelajar senior, agar tidak melakukan perpeloncoan bagi siswa baru.

”Kita juga sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Bintan, pihak sekolah mesti menjamin pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru dengan aman, ramah dan nyaman bagi siswa baru. Tidak ada istilah perpeloncoan di zaman now (sekarang, red),” jelas Apri yang didampingi Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti.

Bupati berharap agar pihak sekolah menciptakan suasana penuh kekeluargaan, kondusif dan tanpa kekerasan. Kegiatan sebatas memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir,SSi,MSi mengatakan, Pemkab Bintan sudah siap menyambut tahun ajaran baru. Dinas Pendidikan akan melakukan peninjauan ke sekolah-sekolah dalam pekan ini untuk melihat langsung proses pengenalan sekolah dan interaksi siswa dengan guru.

”Kita meninjau sekolah, sambil memberitahukan tentang penyediaan perlengkapan sekolah secara cuma-cuma, dari program pendidikan gratis yang dilaksanakan Pak Bupati H Apri Sujadi bersama Pak Wabup H Dalmasri Syam,” tuturnya. (mk/tp)