Maling Berkeliaran, Warga Sawin Bentuk Satuan Ronda Malam

Ilustrasi Maling (net)
Ilustrasi Maling (net)

Lingga (marwahkepri.com) –  Warga Sawah Indah RT 04/RW 05 Kelurahan Daik kembali melakukan ronda malam, mulai besok. Kegiatan ini dilakukan mengingat banyaknya warga yang merasa telah kemalingan sejumlah barang-barang beberapa waktu lalu.

Pengaduan kemalingan, datang dari beberapa warga seperti kehilangan sepatu futsal, sepatu sekolah, helm, baju, bahkan sendal.

“Bapak kami hilang helm pas tamadun. Ada tetangga hilang sepatu sekolah yang baru dipakai 1 hari, sepatu futsal, Dah tu ada bapak kawan yang hilang baju kemeja dan ada yang hilang sendal,” papar salah satu warga.

Menanggapi keresahan warga tersebut,  ketua RT 04, Ucok mengadakan musyawarah dengan para tokoh dan pemuda setempat karena merasa wilayah yang dia pimpin sudah aman lagi.

Dari hasil musyawarah itu, diambil inisiatif untuk kembali melaksanakan ronda malam seperti yang pernah aktif sebelumnya.

“Jadi, malam ini kita mengadakan musyawarah untuk menentukan regu dan teknis ronda rutin kita. Agar nanti jelas,  giliran siapa-siapa yang akan berjaga pada malam harinya,” kata Ucok, Selasa (30/01) malam.

Selain itu, berdasarkan data Kelurahan Daik Sawah Indah RT 04/RW 05 ini merupakan daerah pemukiman penduduk yang terpadat. Rata-rata sebagaian warga sudah menetap namun masih diselingi Dnegan kontrakan ataupun kos-kosan.

Untuk itu, menindaklanjuti agar keberadaan warga menjadi lebih jelas dan tercatat secara administrasi. Pihak RY dan pemuda setempat segera mendata kembali warga-warga yang tinggal di lingkungan tersebut.

Sementara Ketua pemuda setempat, Azman mengatakan pihaknya telah menyiapkan teknis pelaksanaan ronda dengan pesertanya yakni warga yang tinggal di lingkungan RT tersebut.

“Nanti,  setiap satu jam,  kita akan melakukan ronda keliling,  mulai dari Pos, sampai ke depan SMA 1 Lingga,  hingga ke batas pesantren.  Baru kita beri tanda bunyi,” kata Azman.

Dia berharap, upaya yang dilakukan ini dapat dilaksanakan dengan baik guna kenyamanan dan ketentraman warga. Adanya kasus seperti ini justru telah meresahkan warga.

“Kita berharap semoga lingkungan Sawin,  khususnya RT 04, RW 05 bisa kembali aman seperti semula,” tutup dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.