Tambah Titik Layanan Pengangkutan Sampah, DLH Harap Tambah Retribusi

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

BATAM (Marwahkepri.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam menambah 20 titik layanan pengangkutan sampah untuk area Sekupang dan Batam Centre.

Plt Kepala DLH Batam, Herman Rozie mengatakan penambahan ini seiring dengan adanya perumahan dan pertokoan baru.

“Dengan bertambahnya titik pelayanan pengangkutan sampah ini tentu potensi retribusi kita juga bertambah,” kata Herman di Sekupang, beberapa waktu lalu.

Herman pun mengaku sudah koordinasi dengan pihak kecamatan terkait armada pengangkutan sampah. Selain yang sudah ada di kecamatan, DLH juga akan membantu mengerahkan armada ke lokasi baru tersebut.

“Mereka (kecamatan) yang arahkan. Kita bantu agar tidak ada keterlambatan pengangkutan akibat penambahan pelayanan ini,” ujarnya.

Saat ini, terdapat sedikitnya dua ribu objek retribusi layanan persampahan. Mulai dari perumahan hingga pertokoan yang tersebar di seluruh wilayah Kota Batam.

Retribusi yang terkumpul setiap tahunnya dari layanan pengangkutan sampah ini sekitar Rp 21 miliar. Dan untuk tahun 2018 ini DLH ditargetkan mengumpulkan retribusi sampah sebesar Rp 30 miliar.

Herman pun berharap penambahan titik layanan ini dapat menambah target retribusi sampah, namun ia mengaku belum menghitungnya secara persis.

“Nanti kita lihat di akhir bulan lah. Karena kami baru mulai melayani di awal tahun,” ucapnya. (mk/mc***)