Terima DAK 24 M, Dinkes Batam Akan Gunakan Untuk Operasional Kesehatan dan Pembangunan

Dinas Kesehatan Kota Batam.
Dinas Kesehatan Kota Batam.

BATAM (Marwahkepri.com) – Dinas Kesehatan Kota Batam menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 24 Miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk operasional kesehatan dan pembangunan fisik sarana kesehatan.

“Untuk pembangunan fisik sebesar Rp 6,5 miliar. Akan digunakan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah di tujuh puskesmas dan revitalisasi Puskesmas Lubukbaja,” jelas Didi di Sekupang, beberapa waktu lalu.

Didi menjelaskan bahwa guna meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat, Puskesmas Lubukbaja akan didesain ulang menjadi dua lantai.

DAK 2018 ini juga akan dimanfaatkan untuk akreditasi empat puskesmas dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp 3,7 miliar.

“Tahun lalu baru ada tiga puskesmas yang diakreditasi. Alhamdulillah tahun ini kami dapat empat puskesmas yang akan diakreditasi,” ujarnya.

Sementara DAK untuk Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dianggarkan sebesar Rp 3 miliar. Dana ini digunakan untuk operasional transportasi, honor-honor, dan semua kegiatan yang menunjang pelayanan puskesmas.

Didi menambahkan, DAK tahun ini juga dipakai untuk pengadaan obat bagi 19 puskesmas di Kota Batam. Nilai dana yang dibantu pusat yaitu sebesar Rp 12 miliar. Angka ini meningkat Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya.

“Bertambah karena ada penambahan puskesmas yang mulai beroperasi tahun ini,” tutupnya. (mk/mc)